Dalam Menjalani Hidup, Hal-Hal ini Tidak Kalah Penting daripada Uang

02 Sep 2022

Dalam hidup, kita seringkali mengejar sesuatu hal yang kebanyakan tujuan akhirnya menghasilkan keuntungan. Siapa sih yang rela kerja banting tulang tiap hari kalo bukan buat dapet uang, pak? Apalagi kita memang membutuhkan uang. Buat beli makan, buat beli bensin, sampe buat kebutuhan dari primer sampe ke tersier.

Saking sering terlena sama si uang yang cuma perantara sebagai alat transaksi ini, saya suka lupa kalo sebenernya makna idup itu lebih luas dari uang. Bapak pasti setuju, kalo ada banyak hal yang lebih penting di idup daripada cuma uang, uang, dan uang…..

Sehat fisik dan pikiran. Keliatannya emang klasik banget pak. Tapi, sadar nggak kalo makin banyak uang, makin banyak juga biaya yang harus dikeluarin buat ngebayarin kesehatan yang selama ini sering disepelekan. Saya dulu ngerasa kalo kerja itu ya harus beneran banting tulang berangkat gelap pulang gelap, sampe lupa makan bahkan. Ternyata, sehat fisik itu lebih penting dari uang. Seperti yang kita sering dengar, "Investasi terbesar adalah kesehatan."

Lebih tenang dari segi batin. Kita harus mulai mencoba mengubah mindset dalam diri secara pelan-pelan, pak.  Mulai dari ngasih waktu buat nyenengin diri sendiri, ngasih waktu buat keluarga, sampe ngasih waktu buat diri perbaikin ibadah. Nah, dari situ bakal mulai nemu kalo ternyata ngubah tujuan utama dari ngejar uang ke hal-hal lain itu lebih bikin tenang lahir batin. Saya bisa berpikir secara jernih apa yang kudu saya lakuin kalo lagi dapet masalah. Saya juga lebih bisa ngontrol diri juga kalo lagi seneng.  

Sehat mental nggak kalah penting. Saya dulu mana pernah ngerti gimana ngebedain diri saya yang sehat mental apa kagak. Yang saya tau, ketika saya masih bisa bangun buat berangkat kerja, ya saya sehat pak. Kagak pernah kepikiran tuh, saya marah karna capek atau karna mental saya yang kurang baik? Dari situ saya mulai ngerasa ternyata sehat mental juga sama pentingnya kek sehat fisik. Kalo dua-duanya sehat, hidup juga jadi lebih nyenengin setiap harinya. 

Bisa fokus ke spiritual. Walopun belum seberapa dan belum jadi apa-apa, saya pernah ada di titik buat ngelakuin apa aja demi dapet uang, demi jadi orang kaya dan ngelakuin hal-hal yang ternyata itu nggak boleh dilakuin. Bahkan, norma-norma idup aja saya dulu kagak pernah peduli, pak. Ya gitu, karena terlalu fokus ngejar uang sampe lupa kalo ada spiritual di luar agama yang kudu saya benerin juga. Spiritual yang bakal jadi keyakinan tentang satu hal itu bakal baik atau nggak buat saya. Dengan berfokus pada spiritual juga kita jadi lebih dapat gambaran jelas mengenai esensi dalam menjalani hidup.

Punya integritas. Ngejar uang bikin saya pernah lupa sama satu hal ini. Bahkan, soal integritas ini bisa dilakuin sama siapa aja. Bisa karyawan biasa kayak saya, bisa pemuka agama, bisa artis, bahkan sampe ke pejabat negara. Saya tuh percaya pak, kalo orang yang hidupnya kagak ngejadiin uang sebagai tujuan utama pasti bakal nerapin nilai integritas ini. Buat apa hidup kalo tanpa integritas di diri sendiri.

Jadi, saya setuju kalo uang dibutuhin buat menuhin kebutuhan hidup saya. Saya juga kagak nutup mata. Tapi, sebisa mungkin saya manfaatin gimana uang bisa jadi lebih berguna buat hidup saya dan kagak bikin saya buta sama hal-hal yang lebih penting di hidup saya. Menurut bapak, hal apa lagi di hidup kita yang lebih penting dari uang?

 

Ditulis oleh:
Nasuha
02 Sep 2022
Dilihat :
57

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait