Hikmah yang Bisa Adik2 Pelajari dari Anime One Piece buat Menjalani Work Life Balance

Bacaan 2 menit

Saya demen bener nonton One Piece, kayanya mah 15 tahunan ada. Terus saya pengen rewatch lagi pan, ternyata ada banyak hal yang bisa dipelajari dari anime ini. Termasuk soal work life balance. Mantap banget.

Makanya saya pengen berbagi sama Adik2. Soalnya sayang banget pan kalo saya simpen sendiri. Nah, ini beberapa hal yang saya temuin soal work life balance dari anime One Piece.

1. Engga pernah lupa makan. 

Kapan sih Luffy lupa makan? Bahkan saat lagi mepet dan ada makanan pun dia tetep makan. Mantep bener. Dan ketika laper pun dia gak segan2 bilang kalo dia lapar.

Nah, Adik yang baru memasuki dunia kerja jan lupa juga buat makan. Dan jangan gengsi buat bilang lapar atau butuh makan. Soalnya itu manusiawi banget. Apan gimana Adik bisa kerja kalo perut Adik masih krucuk2 kelaperan?

2. Cari circle pertemanan yang bisa melengkapi kekurangan Adik. 

Kalo diliat2, timnya Bajak Laut Topi Jerami nih balance banget. Kaptennya emang kuat, tapi ya agak2 naif juga. Makanya ada Zorro yang suka ngingetin Luffy kalo udah mulai melenceng.

Terus ada Nami juga yang jago navigasi, jadi mereka gak nyasar. Trus ada kru lainnya juga dengan perannya masing2. Bukan cuma peran buat bertarung, tapi ada juga tim yang bikin suasana jadi meriah.

Nah, dalam hidup, Adik juga kudu nemuin orang2 yang bisa ngelengkapin kekurangan Adik. Jadinya hidup Adik bakal lebih berbobot dan menyenangkan juga. Kan keren, Dik.

3. Tidak terjebak dengan ekspektasi orang lain. 

Salah satu tagline yang sering diucapin sama Luffy itu "Kaizoku ou ni, ore wa naru", yang artinya kurang lebih "Aku bakal jadi Raja Bajak Laut!"

Kalimat ini bahkan diucapin dari Luffy masih luntang-lantung sendirian dan belom punya tim. Dari masih belum terkenal dan bahkan gak punya nilai buruan sama sekali. Ya jelas orang2 bakal sangsi dan ngetawain.

Tapi ya biarin aja. Karena gak pernah peduli sama pendapat orang lain, Luffy justru berjalan makin dekat sama impiannya.

4. Punya goals yang jelas dalam hidup. 

Setiap anggota kru topi jerami punya impiannya masing2. Karena adanya impian itu, mereka jadi lebih kuat dan mampu buat ngadepin berbagai kondisi. Bahkan yang paling susah sekali pun.

Dalam bekerja juga sama. Kalo Adik tahu dengan jelas goals Adik apa, Adik bisa menjalani pekerjaan dengan lebih nyaman. Soalnya kan emang gak ada pekerjaan yang gampang banget, Dik.

Adik juga bisa ngurutin prioritas Adik dalam hidup dan bekerja. Plus, Adik juga tahu kapan waktunya berhenti kalo jalan yang Adik lalui udah gak relevan lagi sama goals yang Adik tuju.

5. Hidup bawa ketawa aja seperti Luffy (easy going). 

Hidup emang gak sepenuhnya gampang. Tapi, kalau Adik bisa ngeliat hal baik dalam setiap situasi, bakal lebih mudah ngadepinnya.

Kata orang, salah satu cara untuk tetap bertahan ya dengan ketawa. Ketawain diri sendiri, khususnya. Kaya bapak2 ini. Makin tua ya makin banyak ketawa, Dik. Soalnya hidup udah serius, nanti capek. Aheheheheh

Ditulis oleh:
Runa Aviena
Bacaan 2 menit
Dilihat :
837

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait