Ide Jualan Market Day TK-SD Selain Makanan

15 Aug 2022

Sekarang ini, market day udah jadi salah satu program rutin yang diadain pihak sekolah ya, Pak. Selain buat nambah rasa percaya diri anak, juga bisa mengenalkan nilai mata uang.

Yang paling sering ide kecetus sama orang tua itu ya gak jauh-jauh dari jual makanan. Entah itu puding, spageti, popcorn, kentang goreng, sosis dan banyak lagi.

Kira-kira apa ya yang bisa dijual selain makanan biar beda dari yang lain? Kita juga ga perlu terlalu ribet buat prepare masak-masaknya. Ini nih Pak, beberapa ide jualan buat anak yang mungkin bisa dicoba.

1. Media Mewarnai. Dunia anak emang penuh warna ya. Mereka lagi masanya seneng banget ngewarnain.

Tembok di rumah juga udah penuh warna kan Pak? Hasil maha karya anak-anak tuh. Bisa kita ajarin anak untuk ambil peluang usaha dari situ.

Kalo keponakan saya cari gambar di google terus diprint dan difotokopi yang banyak. Habis itu dijual ke temen-temennya buat diwarnain bareng. Dia jual murah. Cuma 1.000 perak aja, tapi laku loh.

Atau kalo mau yang beda bisa jual gypsum semen putih yang bentuknya lucu-lucu dan bisa diwarnain pake cat air. Untuk media gypsumnya bisa beli di marketplace, Pak.

2. Gantungan kunci custom nama. Cocok buat yang anaknya kreatif, seneng desain, bikin doodle art atau grafiti. Cuma modal kertas dan alat warna sesuai request.

Bisa gambar nama terus dihias dan diwarnain yang cakep. Habis itu dilaminating yang rapi, gunting sesuai pola, beri lubang di ujung untuk selanjutnya dikasih key chain (gantungan kunci).  

Beuh, bisa buat jadi gantungan tas juga ya kan?

3. Jepit rambut dan kunciran lucu-lucu. Duuuh cocok banget nih buat anak perempuan.

Bapak bisa modalin beli jepitan dan kunciran serenceng via marketpace, biarin anak pilih sendiri modelnya, terus dibungkus-bungkusin jadi satuan. Seru banget, apalagi bisa kembaran sama bestie.

4. Alat tulis lucu anti mainstream. Bapak tau kan itu penghapus lucu-lucu yang wangi? Penghapus begini emang ga bersih buat ngehapus. Malah seringnya bikin kertas jadi item. Tapi anak-anak seneng banget koleksi beginian. Bisa jadi ide jualan nih Pak.

Atau jual pulpen yang bisa dihapus. Hah, emang ada? Saya juga baru tau kebetulan pak. Pokoknya banyak banget item alat tulis lucu yang bisa dijual tuh.

5. Macem-macem stiker. Kayanya anak-anak gak bisa lepas sama stiker ya Pak.

Anak saya demen banget kalo dibeliin stiker. Entah stiker nama, stiker yang bentuknya orang-orangan, buku aktivitas yang isinya stiker. Keseringan sih dia tempel di lemari atau dinding, hiks.

Stiker-stiker lucu gini bisa Bapak beli di tukang mainan, habis itu di jual lagi deh.

6. Clay, Playdough, Squishy, Slime. Mainan lunak yang enyoy enyoy gini gak kalah ngehits di kalangan anak-anak.

Untuk budgetnya bisa disesuaikan ya pak, harus pinter-pinter buat cari yang cocok sama kantong anak-anak. Kalo keponakan saya yang perempuan dia bikin sendiri slimenya, modal ngeliat youtube. Ada-ada aja emang idenya.

quote

Market day gini yang jualan emang anak2. Tapi bapak bisa ikut seru2an nyiapin barang jualan. Belom lagi kalo jualannya laku. Anak bapak senang, bapak juga senang, ibunya juga senang. Mantap sekali.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
15 Aug 2022
Dilihat :
3710

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait