Ini Waktu yang Tepat buat Adik yang Mau Pindah Kantor Baru

09 Nov 2022

Kerja di tempat yang kita pengen adalah suatu impian. Apalagi bisa kerja untuk kurun waktu yang lama. Sampe sekarang, saya suka dapetin komen kalo pindah kerja dianggep gak loyal sama perusahaan. Padahal, pindah kerja itu sah-sah aja buat siapa aja lho.

Menurut saya, ada beberapa waktu yang bisa dianggep tepat kalo mau pindah kantor baru. Biar gak salah timing, adik bisa coba liat hal-hal di bawah ini biar gak ada penyesalan karna salah pindah kantor ya.

Ketika adik mulai enggak antusias sama kerjaannya
Menurut saya, kerja itu berkaitan dengan antusiasme. Entah itu dari kerjaan yang dilakuin sehari-hari atau ngerjain sesuatu yang udah bikin adik kagak nikmatin lagi. Biasanya, adik gak antusias itu bisa diliat dari pas berangkat kerja tuh rasanya males banget. Di kantor juga rasanya udah kagak nyaman, gelisah, atau udah mikir ke mana-mana.

Nah, menurut saya, ini waktu yang pas buat adik coba cari kerjaan baru yang bisa bikin antusias naik lagi dan semangat lagi.

Udah enggak nemu sesuatu buat dipelajarin
Kerja menurut saya itu enggak cuma cari uang doang. Tapi juga cari cara buat belajar dan ngembangin diri buat naikin level karir buat adik. Apalagi adik orang yang enggak suka ada di zona nyaman terus dan ngerasa kontribusi buat perusahaan stagnan gitu aja.

Kalo adik udah ngerasa udah enggak ada lagi sesuatu buat ngembangin diri dan belajar hal baru tadi, berarti udah waktunya adik cari tantangan baru dan ilmu baru di tempat yang baru juga. 

Tingkat stresnya udah tinggi banget
Enggak ada kantor yang kagak punya tekanan dalam pekerjaan sih kalo menurut saya, itu kagak bisa dihindarin. Tapi, kalo adik udah mulai ngerasa kesehatan mental mulai keganggu, saran saya mulai pertimbangin buat mulai cari kesempatan di tempat baru. 

Tips saya, pikirin mateng-mateng soal tingkat stres di kantor adik. Jangan sampe salah melangkah karna kondisi di kantor baru juga belum kita tau. Dipikirin dulu sebelum ambil keputusan buat resign.

Lingkungan yang udah enggak nyaman
Lingkungan jadi salah satu faktor paling gede buat jadi pertimbangan saya tetep bertahan atau resign. Secara gak langsung, lingkungan pekerjaan juga bisa nambah atau bahkan ngurangin motivasi adik dalam bekerja.

Kalau adik-adik udah mulai ngerasa lingkungan kerja udah mulai enggak nyaman dan toxic. Berarti emang udah waktunya cari lingkungan baru yang lebih supportive.

Gak ada kenaikan gaji dari tahun ke tahun
Walopun tadi di atas saya bilang kerja itu enggak cuma soal uang, kenaikan gaji atas performa adik juga penting buat diperhatiin. Apalagi kan setiap tahun ada kenaikan hal-hal lain yang berkaitan sama kebutuhan hidup. Biasanya, kenaikan gaji diliat berdasar performa selama setahun. Nah, kalo adik merasa performa bagus, penilaian dari atasan juga bagus tapi perusahaan engga ada kenaikan gaji yang jelas, saran saya emang harus cari perusahaan yang ngehargain kerjaan adik. Gaji, buat saya adalah bentuk apresiasi perusahaan terhadap karyawan di luar bonus.

Nah, kelima saran ini bisa disesuain sama keadaan dan kondisi adik-adik di kantor yang sekarang ya. Jangan lupa, pindah kantor baru juga belum tentu ngejamin adik-adik dapet tempat yang lebih baik. Jadi, harus pinter-pinter dalam mencari kantor baru ya! Kan sekarang udah banyak tuh tempat buat adik cari informasi tentang kantornya. Semangat ya!

 

Ditulis oleh:
Nasuha
09 Nov 2022
Dilihat :
89

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait