Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghadapi Istri Yang Lagi PMS

Bacaan 2 menit

Istri kalau lagi PMS biasanya makin sensitif. Jadi gampang marah, padahal penyebabnya sepele. Jadi gampang baper, padahal lagi nggak ada yang ngerayu. Yang paling serem nih, jadi gampang ngamuk padahal cuma karena nabrak pintu.

Bapak bisa jadi salah satu sasaran kemarahan dan amukan istri kalau dia lagi PMS. Apalagi pas hari pertama, biasanya lagi garang-garangnya tuh. Bapak bikin keliru dikit aja bisa meledak perang dunia. Takut kan, Pak?

Sebenarnya, PMS atau premenstrual syndrome itu adalah kondisi ketika terjadi perubahan mood secara drastis. Gejalanya kayak yang disebut tadi, marah, sedih sampai cemas berlebihan atau sering juga disebut mood swing.

PMS biasa terjadi seminggu sebelum haid tiba. Tapi gejalanya bisa dirasakan selama masa haid juga. Gejala-gejala itu dianggap disebabkan turunnya hormon estrogen dan progesterone yang membawa perubahan perasaan.

Perubahan perasaan yang istri alami bisa sangat buruk. Kuncinya ada pada bapak yang seharusnya melakukan hal-hal yang bisa memicu kebahagiaan istri. Simak deh Pak ide-ide bagus berikut yang bisa menyenangkan istri ketika lagi PMS.

1.    Belikan Makanan Kesukaannya

Good food is good mood. Percaya deh Pak sama peribahasa itu. Makanan itu bisa membangkitkan mood istri. Apalagi makanan itu makanan yang paling disenangi. Dijamin perasaan istri akan lebih baik.

Satu lagi nih Pak tipsnya, jadikan ini sebagai kejutan. Misalnya bapak bawain makanan kesukaan istri pas pulang kerja. Atau bapak bisa tiba-tiba ngajak dia makan di luar. Dijamin istri langsung senyum-senyum.

2.    Hindari Kesalahan

Manusia memang tempatnya salah ya, Pak. Tapi sebisa mungkin, mohon banget nih, hindari kesalahan selama istri lagi PMS. Bukannya apa-apa, kesalahan kecil aja bisa bikin bapak kena omelan bertubi-tubi yang makin memperburuk mood istri.

Jangan taruh handuk basah di atas kasur. Jangan bikin lantai kotor. Jangan gantung baju kotor. Jangan tidur mulu kalau lagi di rumah. Jangan kelayapan juga tapi. Jangan lupa buang sampah.

3.    Pijitin Kakinya

Istri kalau lagi PMS tuh badan rasanya pegel-pegel. Meskipun nggak kerja berat juga, badan rasanya jauh lebih capek dari biasanya. Nah, ini juga nih yang bikin istri jadi makin gampang ngamuk.

Yang bisa bapak lakukan adalah tentu saja meringankan rasa tidak nyaman itu. Bisa kali bapak pijitin kaki atau bahunya. Itu akan membantu perasaan istri jadi lebih baik. Pegel-pegelnya ilang, terbitlah senyuman.

4.    Dengerin Aja

Perubahan mood yang dialami istri bisa bikin dia ngomel-ngomel mulu. Malah ngomelnya bakal lebih panjang. Bahkan kesalahan bapak 2763 hari yang lalu bisa diungkit-ungkit lagi lho. Luar biasa memang.

Tapi Pak, jangan sekali-kali berniat menimpali saat istri lagi ngomel. Apalagi membela diri. Bapak cukup diem aja biar selamet. Dengerin semua omelannya meski itu bikin kuping bapak penuh.

5.    Jangan Ditinggal Sendirian

Walaupun istri kalau lagi PMS suka marah-marah sama bapak, aslinya bukan karena dia benci. Asli Pak, istri tuh nggak pernah benar-benar marah. Cuma memang gitu cara tubuhnya merespon perubahan hormon.

Kuncinya adalah kehadiran bapak. Jangan sampai istri lagi bad mood malah ditinggal nongkrong. Bukannya reda, dia malah bakalan lebih geram. Bapak harus ada di dekat istri, temenin, ajak ngobrol sambil becandain. Jangan dicuekin deh intinya.

Nah, itu dia Pak ide-ide cemerlang yang bisa bapak lakukan saat istri lagi PMS. Memang nggak bakalan bikin dia langsung lemah lembut. Setidaknya, bapak bisa membantu meredakan emosinya yang lagi nggak stabil. Sama satu lagi, perang dunia bisa dicegah dengan cara-cara tersebut. Hehehe.

Ditulis oleh:
Risma Mualifa
Bacaan 2 menit
Dilihat :
223

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait