Inovasi Mutakhir yang Ditemukan Secara Tidak Sengaja

Bacaan 2 menit

1. Sinar-X

Sinar ini berjasa banget banget buat mendiagnosa penyakit kita. Padahal, dulu nemuinnya ga sengaja. Sinar-X ditemukan sama pak Rontgen taun 1895, yang lagi kerja di lab buat pengujian sinar katoda. Pas lagi ngelakuin percobaan, beliau malah nemuin cahaya jenis baru yang ternyata bisa menembus benda. Secara tidak sengaja, pak Rontgen menemukan bahwa cahaya baru ini juga bisa ditangkap dengan layar berupa film yang lagi disenderin ke botol kaca. Karena beliau bingung, sama jenis cahaya apa yang ga sengaja beliau temuin. Makanya cahaya tadi beliau namakan dengan sebutan "Sinar -X"

2. Penicilin (antibiotik)

Obat yang super terkenal ini ditemukan sama pak Alexander Flemming tahun 1928. Pak Flemming ini lagi ngerjain penelitian soal bakteri Staphylococus aureus. Karena butuh healing soalnya kerja mulu, beliau berangkat liburan. Setelah pulang liburan sekitar 6 bulan, ternyata pak Flemming lupa nutup cawan petri bakterinya. Hasilnya, di cawan ini tumbuh jamur warna biru yang ternyata bisa menghasilkan zat yang mematikan bakteri. Dari kejadian tersebut, pak Flemming justru meneliti lebih dalam. Hasil penelitiannya menghasilkan obat antibiotik yang sudah menyelamatkan jutaan nyawa manusia.

3. Microwave

Perangkat masak yang biasa ada di dapur bapak ini, ditemukan ga sengaja oleh pak Percy Spenser ketika lagi mengembangkan radar  pada tahun 1945. Pas lagi uji coba tabung yang namanya magnetron, gak sengaja coklat yang ada di kantong pak Spenser malah meleleh. Bukanya bingung, beliau justru iseng nyobain menggunakan makanan lain kaya popcorn dan telur. Beliau sadar, jika gelombang pendek yang dihasilkan alatnya bisa untuk memasak makanan dengan cepat. Berdasarkan kejadian tersebut, Beliau ngulik lagi, dan Menemukan bentuk oven microwave kaya yang sekarang bapak punya di dapur.

4. Kevlar

Ditemukan secara gak sengaja sama bu Stephany Kwolek pada tahun 1965. Bu Kwolek sedang dalam misi untuk menemukan polimer yang bisa menggantikan lapisan kawat besi dalam ban. Ketika beliau sedang melarutkan poliamida, ternyata larutannya berubah menajadi mirip kaya susu. Bukanya dibuang sama bu kwolek, serat dari larutan ini malah di teliti dan dipintal menjadi benang. Ternyata, memiliki kekuatan yang luar biasa. Nah, jaman sekarang kevlar banyak dimanfaatin jadi rompi anti peluru, badan pesawat, dan bahan untuk baju balap motor.

5. Pemanis Buatan (Sakarin)

Pemanis buatan di temukan pada tahun 1878 secara gak sengaja oleh ahli kimia yang bernama pak Fahlberg. Setelah bekerja seharian di laboratorium, beliau merasa lelah, akhirnya pak Fahlberg memutuskan untuk pulang kerumah. Ketika sampai di rumah, pak Fahlberg yang lapar, nyari makanan. Ketika beliau makan, beliau kaget, kok semua makanan yang dimakan bisa berasa manis banget. Beliau inget ternyata belum cuci tangan sebelum makan. Dari kejadian tersebut, akhirnya beliau mencari zat apa yang beliau sentuh terakhir sebelum pulang. Sehingga menyebabkan semua makanan bisa berasa manis. Ketika udah ketemu, akhirnya beliau patenin tuh penemuannya, menjadi pemanis buatan rendah kalori yang biasa digunakan orang2 zaman sekarang

Ditulis oleh:
Tio Buyung upik
Bacaan 2 menit
Dilihat :
314

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait