Jeli Ngeliat Peluang Usaha di Bidang Pertanian

Bacaan 3 menit

Buat bapak atau adik yang lagi pengen cari peluang usaha, mungkin pertanian bisa jadi salah satunya. Mulai dari SDM-nya, alamnya, sampe ke peluang pasar dari bidang pertanian ini. Karena makin ke sini kebutuhan pangan masyarakat sini makin meningkat. 

Sekarang, emang kita harus jeli buat ngeliat peluang usaha apa pun itu pak. Terutama nih ya buat yang mau berkecimpung di dunia pertanian. Ada apa aja peluang? Yuk cari tau.

Pengolahan dan penjualan pupuk organik


Pupuk organik atau yang sering saya tau sebagai pupuk kompos jadi salah satu peluang kalo bapak mau nyemplung di usaha pertanian. Sekarang, petani atau orang-orang yang lagi pengen bertani dan berkebun lebih suka sama pupuk organik ini karna dianggep lebih ramah lingkungan.

Kalo mau coba terjun ke usaha pengolahan dan penjualan pupuk organik, bisa dimulai dari cari tau pasar yang ada di sekitaran ya pak. Berapa banyak orang yang jualan pupuk organik. Trus, cari tau jenis pupuk organik yang kualitasnya paling mantep. Tentuin lokasi toko yang strategis sekaligus promosiin toko bapak biar banyak yang tau ya.

Penyedia bibit unggul


Sama kaya pupuk organik nih pak, orang banyak cari bibit yang paling mantep dan unggulan buat di lahannya biar ngehasilin taneman yang oke. Ya kali kan punya lahan buat bertani tapi nanemnya bibit taneman yang b aja. Ya enggak bakal untung tuh pak ahehehehe.

Peluang buat jadi orang yang nyediain bibit unggul itu gede banget. Soalnya, beberapa orang yang saya tanyain itu cuma pengen mulai usaha kalo punya lahan yang luas. Bisnis bibit unggul ini bahkan bisa dimulai dari sampingan lho pak. Mulai dari skala kecil aja dulu buat nyediain bibit2 yang paling banyak dibutuhin kaya cabe, bawang, atau bibit taneman umbi-umbian.

Sewa dan jual alat pertanian


Sekarang, udah jarang banget saya liat toko yang beneran fokus buat jual sama sewain alat pertanian kaya sekop, cangkur, ember, alat panen lainnya, sampe sewain traktor. Ini jadi peluang banget kalo bapak bisa ketemu sama lokasi yang pas, distributor alat produk yang mantep, sampe ke harga dan promosi yang oke.

Peluang ini bisa jadi lahan bisnis baru buat bapak yang pengen mulai usaha. Gak perlu langsung gede pak, bisa mulai dari sewa-sewain alat dulu pak. Baru seiring berjalannya waktu mulai kembangin deh ke jual alat pertanian lainnya.

Pengolahan hasil pertanian


Salah satu peluang yang bisa banget dilakuin buat yang gak mau jual alat pertanian, jual bibit, atau pupuk adalah dengan nyediain tempat ngolah hasil pertanian. Bapak bisa nyediain satu tempat yang khusus buat ngolah hasil panen dari para petani biar tetep punya kualitas terbaik. 

Tempat buat usaha pengolahan pertanian ini kudu punya mutu yang oke. Mulai dari merhatiin kebersihan tempatnya, gak terkontaminasi dari apa pun, sampe ngeliat jumlah dari hasil produksi yang bisa ditampung, dan yang pasti kasih harga terbaik sesuai daerah yang ada.

Marketplace pertanian


Makin berkembangnya teknologi bikin kita harus bisa beradaptasi buat terus bikin pertanian tetep idup. Zaman yang serba digital ini juga yang bikin bapak bisa ngeliat peluang buat ngebuka marketplace yang fokusnya buat masarin hasil pertanian para petani. Mulai dari daerah bapak aja dulu abis itu fokus kembangin ke luar daerah. 

Bikin marketplace ini emang gak murah dan sebentar pak. Perlu modal dan usaha ekstra buat bikin satu platform yang bisa diakses petani dan konsumen yang lagi cari hasil pertanian dengan mudah. Bapak juga perlu mikirin soal distribusi dan lain-lainnya juga nih. Tapi, ini jadi peluang inovasi banget pak!

Gimana pak? Udah kebayang belom mau mulai ngejalanin usaha apa dari peluang2 di atas? Selagi kita butuh pangan, usaha di bidang pertanian bakal tetep ada. Makanya, jeli adalah koentji! 

 

Ditulis oleh:
Nasuha
Bacaan 3 menit
Dilihat :
367

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait