Jenis Investasi Yang Bisa Adik Coba di Umur 20an

Bacaan 3 menit

Mungkin adik-adik masih merasa bahwa masa depan adik masih jauh dan nggak perlu terburu-buru buat mikirin investasi, mending uangnya dipake buat top up skin Mobile Legend. Namun faktanya, mulai berinvestasi sedini mungkin pastinya akan sangat bermanfaat bagi masa depan adik-adik sekalian. Apalagi sekarang, yang namanya investasi bukan merupakan hal yang susah buat dilakukan, hanya dengan smartphone yang adik pake buat main Mobile Legend, adik udah bisa memilih berbagai macam instrumen investasi yang cocok dengan profil resiko adik.

Investasi juga dapat membantu adik dalam membuat suatu uang yang diinvestasikan akan berkembang, sekaligus mengurangi beban adik di masa tua nanti. Selain itu, berinvestasi juga dapat membantu adik dalam mencapai tujuan-tujuan keuangan, seperti membeli rumah, membiayai pendidikan, atau bahkan merintis bisnis adik sendiri. Ada beberapa instrumen atau jenis investasi yang bisa adik coba dan adik pertimbangkan dalam memilih instrumen investasi, beberapa dari jenis investasi ini bahkan memerlukan modal yang sedikit kok dik. Jadi, jangan tunda-tunda lagi ya dik, kalau bisa segera mulai berinvestasi sedini mungkin. Ada quotes yang bisa kita petik manfaatnya dik yaitu "Waktu terbaik untuk menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu. Waktu terbaik selanjutnya adalah sekarang".

1. Reksadana 

Reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang mudah dipahami dan terjangkau bagi adik-adik. Reksadana adalah sebuah produk investasi yang terdiri dari kumpulan dana yang diinvestasikan ke dalam berbagai jenis aset seperti saham, obligasi, dan deposito oleh manager investasi. Adik-adik bisa banget milih reksadana sesuai dengan profil risiko yang adik inginkan, yaitu reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana campuran, atau reksadana pendapatan tetap.

2. Saham

Saham adalah surat berharga yang membuktikan kepemilikan adik atas sebuah perusahaan, kasarnya adik punya secuil kepemilikan dari sebuah perusahaan. Investasi saham bisa memberikan potensi keuntungan yang tinggi, namun juga memiliki risiko yang tinggi pula. Mangkanya jaman sekarang ada istilah high risk high return dik. Risiko terbesar dari investasi saham adalah fluktuasi harga yang tinggi, sehingga adik bisa aja kehilangan sebagian atau bahkan seluruh investasi adik dalam waktu singkat. Oleh karena itu, penting buat milih perusahaan yang solid secara finansial dan adik paham produk atau jasa yang diberikan oleh perusahaan yang adik pilih itu apa serta adik juga perlu memahami risiko yang terkait dengan investasi saham.

3. Obligasi

Obligasi itu adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan. ketika adik beli obligasi, adik sebenarnya lagi minjemin uang sama penerbit obligasi (bisa pemerintah atau perusahaan). Penerbit obligasi akan bayar bunga kepada adik selama masa obligasi dan kemudian mengembalikan uang pinjaman adik pada saat jatuh tempo yang ditetapkan. Investasi obligasi punya risiko yang lebih rendah daripada saham, tetapi juga menawarkan imbal hasil yang lebih rendah, istilahnya low risk low return lah ya dik. Obligasi pemerintah biasanya memiliki risiko yang lebih rendah daripada obligasi perusahaan, karena pemerintah lebih mampu untuk memenuhi kewajiban keuangan mereka.

4. Deposito Bank

Deposito adalah salah satu pilihan investasi yang paling aman dari semua investasi di atas dik, tetapi juga menawarkan imbal hasil yang relatif rendah. Deposito itu adalah bentuk simpanan uang yang disimpan di bank dengan jangka waktu tertentu dan dapat ditarik setiap saat. Keuntungan dari deposito itu risikonya yang sangat rendah dik, karena uang yang adik simpan akan disimpan di bank yang terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Tapi, imbal hasil yang ditawarkan sama deposito biasanya lebih rendah dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, low risk low return lah ya dik.

5. Investasi Diri Sendiri

Nah, investasi ini adalah investasi yang paling pamungkas yang bener-bener harus adik lakukan ketika adik masih muda. Investasi pada diri sendiri adalah cara adik untuk ningkatin kemampuan agar lebih bermanfaat di masa depan adik. Ada beberapa cara yang bisa adik lakukan, kayak ikut kursus atau program pendidikan, baca buku, ikut webinar, cari mentor, rajin latihan, atau ikut program personal development. Investasi pada diri sendiri bisa memberikan manfaat yang luar biasa, seperti tambah percaya diri, meningkatkan karier, dan bantu ngejawab tujuan hidup. Jadi, jangan ragu untuk terus investasi pada diri sendiri ya dik biar jadi orang yang lebih baik di masa depan.

Ditulis oleh:
Bang Reja
Bacaan 3 menit
Dilihat :
309

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait