Jenis-jenis cat tembok berdasarkan bahan peruntukannya

14 May 2022

Pak, berikut adalah jenis2 cat tembok berdasar peruntukannya jadi bapak gak salah nanti pas beli ke Toko Material Si Engkoh.

 

Cat dasar atau cat primer. Ini dipake sebelum tembok bapak dicat warna - warni indah nan mencolok kek pak Uya Kuya . fungsinya buat menutup retak rambut, meningkatkan daya lekat cat ke substrat dan mengikat sisa debu, kotoran yang masih tertinggal.

Cat akhir. Namanya juga cat akhir, memang cat ini diaplikasikan pada tahap terakhir mengecat tembok. Cat akhir ini gunanya untuk lebih menonjolkan warna cat dinding yang sudah dimulai dengan cat primer atau cat dasar sehingga hasil pengecatan bisa lebih indah.

Cat top coat. Ini adalah jenis cat yang fungsinya hampir sama seperti cat akhir karena sama - sama diaplikasikan pada tahap akhir pengecatan. Yang ngebedain cat top coat lebih umum dipakai untuk mengaplikasikan pada bahan metalik. Tujuan dari cat top coat ini sebagai cat yang memberikan efek kilap atau glossy.

Cat Undercoat. Cat jenis undercoat ini bahan dasarnya adalah minyak, jenis cat ini biasanya digunakan setelah proses cat primer. Cat undercoat ini juga dikenal sebagai cat dasar yang fungsinya dapat menghaluskan bagian permukaan dinding tembok bapak yang tentunya sudah dilapisi oleh cat primer.

Cat Polyurethane. Jenis cat ini berfungsi sebagai pelindung yang biasanya dikenal juga sebagai cat PU. Cat ini adalah jenis cat premium yang bisa melindungi rumah bapak dari paparan sinar matahari, hasil jadi cat ini juga sangat berkualitas dengan daya lekat yang kuat, tahan lama, elastis, dan minim noda.

Cat Remover. Supaya bapak bisa nimpa cat yang sudah ada sebelumnya dengan cat baru, sebaiknya bapak pakai cat remover dulu. Bahan cat remover ini mengandung emulsi dari bahan kimia yang khusus dirancang untuk membuat cat yang lama bisa mengelupas. Jadi bapak gak perlu repot mengerik cat tembok sebelumnya supaya hilang, pakein ini aja pak.

Cat Wall Sealer. Bapak pasti sering pake cat yang gunanya sebagai cat pelapis dasar untuk tembok. Salah satu jenis cat dasar ini adalah cat wall sealer yang berfungsi untuk bisa menutupi pori - pori agar bisa terisi sehingga permukaan tembok bisa menjadi lebih halus, dengan hasil tembok yang halus maka saat pengaplikasian cat akhir pun akan lebih mudah.

Semoga bermanfaat ya pak.

Ditulis oleh:
Munawir Bin Sabin
14 May 2022
Dilihat :
48

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait