Jenis-Jenis Semen Berdasarkan Kegunaannya

Bacaan 2 menit

Biar bapak kagak bingung pas mau belanja semen ke material, ini saya mau kasih tau jenis-jenis semen berdasarkan kegunaannya,

Semen Portland 

  • Semen Portland I
    Semen ini dipake untuk ngebangun konstruksi yang gak butuh persyaratan khusus, misalnya perumahan, jalan raya, landasan pacu, dan lain-lain.

  • Semen Portland II
    Kalo yang ini untuk konstruksi di daerah tanah rawa, pinggir laut, saluran irigasi, dan bendungan.

  • Semen Portland III
    Semen ini dipake buat pembangunan gedung bertingkat tinggi, jalan tol, dan bandara.

  • Semen Portland IV
    Semen Portland IV ini dipake buat bangunan yang kondisinya berubah-ubah sesuai temperatur, misalnya bendungan sama lapangan udara.

  • Semen Portland V
    Semen ini dipake untuk ngebangun proyek yang punya kandungan sulfat tinggi, misal pembangkit listrik tenaga nuklir, tempat pengolahan limbah, dan lain-lain.

  • Semen Portland Composite
    Semen ini dipake untuk membuat beton pracetak, paving block, dan konstruksi beton umum tingkat sedang, misalnya dermaga dan jembatan

Semen Campuran

Semen ini kagak dijual bebas di pasaran, pak. Biasanya semen ini digunakan untuk membangun konstruksi di lingkungan air laut. Ini semen curah pak, dipake buat ngebangun jembatan Suramadu.

Semen Antibakteri

Sejumlah proyek konstruksi menggunakan semen jenis ini untuk menahan pertumbuhan bakteri. Biasanya dia dicampur bahan yang mengandung antibakteri kek germicide. Kolam renang juga biasanya pake semen jenis ini karena bisa melindungi dinding, lantai, beton dari jamur dan bakteri yang muncul. 

Semen High Alumina

Semen ini dibuat biar tahan sama serangan asam. Umumnya digunakan untuk membuat beton yang tahan api, panas, dan korosi.

Semen Putih

Semen ini digunakan untuk keperluan dekorasi atau finishing touch sebuah ruangan.

Semen Sumur Minyak

Tipe semen khusus ini dipake untuk pengeboran minyak dan gas, baik di darat maupun lepas pantai. OWC (Oil Well Cement) dicampur menjadi suatu adukan semen terus disuntikkan di antara pipa bor dan cetakan sumur bor dimana semen tersebut dapat mengeras dan kemudian mengikat pipa pada cetakannya.

Semen Super Masonry

Kalo semen ini untuk pembuatan berbagai elemen konstruksi. Misalnya pembuatan paving block, hollow brick, dan tegel. Semen ini sifatnya kedap air, pak.

Karena kegunaannya berbeda-beda antara satu dengan yang lain, harganya juga udah pasti beda. Sebelum memutuskan membeli semen bapak harus tau semen mana yang cocok buat bapak. Semoga artikel jenis-jenis semen berdasarkan kegunaannya ini bisa membantu ya!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
29

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait