Jenis-jenis sepatu olahraga sesuai kegunaanya

13 May 2022

Silahkan pak.

 

Running/training shoe (sepatu lari).

Cocok digunakan untuk berlari dan olahraga ringan setiap hari. Desainnya dibuat menyerap guncangan,  ringan, dan ada kassa-nya untuk menopang berat badan pengguna.  

 

Track shoes.

Digunakan untuk lari jarak jauh, track shoe ada 2 tipe, racing flats dan racing spikes. Racing flats adalah versi lebih ramping dari running shoes, didesain seringan mungkin dan biasanya digunakan dalam perlombaan lari jarak 5 km ke atas. Racing spikes adalah sepatu yang sangat ringan dengan paku metal yang tertanam ke dalam sol. Sepatu ini didesain untuk lomba lari cepat di trek atau lomba cross country.

 

Sepatu sepakbola.

Sepatu ini bagian luar solnya memiliki grip  paku, fitur ini dibuat agar dapat mengontrol pergerakan kaki saat berlari di lapangan berumput sehingga pemain lebih mudah berbelok, mengubah tujuan arah, mengoper dan menendang. Ada dua tipe sepatu sepakbola, yaitu untuk lapangan keras dan lapangan lembut.  

 

Sepatu futsal.

Menggabungkan model sepatu sepakbola dan sepatu badminton. Model atasannya mirip sepatu sepakbola, sementara solnya menyerupai sepatu badminton atau voli. Sepatu ini juga bs sebagai pengganti sepatu badminton karena semodelan fungsinya.

 

Sepatu tenis.

Sepatu tenis biasanya berpotongan rendah dan memiliki penopang setengah kaki yang melebar ke samping, sol sepatu tenis lebih ringan dan atasannya lebih tebal untuk menahan beban tubuh penggunanya. Sepatu tenis memiliki cengkraman untuk pergerakan mendadak serta sepatu tenis juga bisa digunakan untuk olahraga yang menggunakan raket lainnya seperti badminton, squash, atau cricket.

 

Sepatu basket.

Sepatu basket standarnya dibuat dengan desain high ankle untuk melindungi pergelangan kaki saat melompat, berkelit, ataupun lari di lapangan. Sepatu basket memiliki kestabilan yang tinggi karena lebih berat dan kaku dengan sol yang keras dan lebar. Beberapa sepatu basket bahkan menambahkan fitur pivot point agar pengguna bisa berputar lebih mudah. Sepatu basket dibuat besar dan berat agar terhindar dari cedera otot pada pergelangan kaki. 

 

Sepatu voli.

Salah satu ciri khas dari sepatu sepatu volly adalah bagian sol karetnya cukup tebal karena mampu mencengkeram lebih kuat dibanding sepatu biasa. Sepatu voli punya inner sol yang empuk, sehingga enak dipakai buat melompat ataupun mendarat dan didesain untuk pergerakan sisi ke sisi yang di bagian depan sepatu biasanya terdapat lapisan agar bisa membantu menyerap guncangan ketika meloncat atau mendarat. 

 

Climbing shoes.

Climbing shoes memiliki bentuk tipis yang sangat pas di kaki dengan sol yang terbuat dari karet serta memiliki bagian atas yang terbuat dari kulit atau serat kain. Sol yang terbuat dari karet memudahkan tumpuan saat melakukan panjat tebing atau dinding batu. Bentuk sol yang tipis juga memudahkan edging dan pocket serta lebih peka untuk merasakan pijakan saat bergerak di tebing.

Tips tambahan, sebaiknya beli sepatu climbing yang ukurannya pas atau seketat mungkin di kaki, ini sangat penting untuk menghindari selip atau tergelincir saat mendaki. 

 

Sepatu Hiking.

Sepatu ini didesain untuk melindungi telapak kaki dan pergelangan kaki. Bagian sol sepatu memiliki bentuk yang bergerigi, sehingga aman untuk menginjak tebing, bebatuan, atau tanah saat mendaki gunung.  Sepatu ini juga menggunakan bahan yang nyaman dan hangat, cocok untuk suhu ekstrem. Model sepatu hiking bermacam2 mulai dari low cut, mid cut, bahkan high raise, semakin tinggi potongannya, durability-nya makin tinggi. 

 

Sepatu golf.

Sepatu golf menggunakan paku lunak yang terbuat dari plastik yang tertancap di solnya (menyerupai sepatu sepak bola) ini dibuat untuk menjaga keseimbangan pemain selama mengayun di lapangan yang kering maupun basah. Sebagian sepatu golf memiliki fleksibilitas ganti paku lunak dengan sistem penguncian Q-LOK dan Tri-LOK yang bikin sepatu makin nyaman dan aman saat dipakai.

 

Sepatu gym.

Sepatu gym diklaim sebagai sepatu paling ringan, didesain durable dengan foam atau sol sepatu yang empuk sehingga aman untuk kaki. Fokusnya terletak pada pembentukan dan menjaga kelenturan otot. Bagian sol sepatu dibuat lunak dan lentur, sehingga mampu menopang tubuh saat melompat atau bergerak saat nge-gym atau combat. 

 

Sepatu skateboarding.

Tidak semua sepatu bisa digunakan untuk skateboarding, sepatu skate dirancang khusus untuk menghindari memar dan cidera pada bagian tumit. Karena olahraga ini mengharuskan kita untuk melakukan banyak landing pada bagian tumit.

Ditulis oleh:
Munawir Bin Sabin
13 May 2022
Dilihat :
42

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait