Kebaikan Simpel yang Bikin Pahala Bapak Ngalir Terus

13 Sep 2022

Saya sering nganggap kalau jadi orang kaya itu enak. Bisa sedekah kapan aja. Bisa sedekah yang banyak. Saya mau kaya, biar bisa sedekah. Biar bisa ngumpulin pahala sebanyak-banyaknya, bermanfaat dan bahagiain orang banyak.

Tapi kalau dipikir lagi, sebenernya ada banyak banget cara yang bisa dilakuin biar banyak pahala. Bahkan meskipun uang saya gak banyak. Saya yakin, Tuhan Maha baik. Sekecil apa pun kebaikan kita akan diperhitungkan.

Terus saya mikir dan mencoba beberapa cara yang bisa bikin saya banyak pahala. Ini beberapa yang udah saya pikirin dan lakuin. Mungkin Bapak bisa bermanfaat atau bisa Bapak coba juga.

 

1.   Beli alat penunjang untuk tempat ibadah. Bapak bisa naro mukena atau sendal jepit buat wudhu. Gak harus yang mahal, bisa disesuain sama bajet. Cukup sebiji dua biji gapapa.

Tapi kalo naro mukena minta tolong istri ya, bisa berabe kalo Bapak ke tempat solat buibu. Kalo sendal wudhu jangan lupa dinamain dulu ‘Sendal Wudhu’. Takutnya malah pada gamau pake karena dikira bukan sendal umum.

Coba Bapak bayangin, semisal ada yang ibadah pake barang yang udah Bapak sumbangain tadi, beuhhh paling nggak kita kecipratan pahalanya juga kan. Belum lagi kalo dipake berulang, gimana gak ngalir tuh pahala?

 

2.Nyumbang buku atau mainan anak, bahasa kerennya preloved. Ortu jaman sekarang kebanyakan udah pada melek literasi dan ngebiasain anak-anaknya baca buku.

Kalo Bapak punya koleksi buku anak yang sekiranya udah ga bakal dibaca lagi bisa banget disumbangin ke anak sodara, anak temen. Kalo jumlahnya rada banyak bisa disumbangin ke panti asuhan. Mereka pasti seneng banget nambah koleksi bacaannya.

Gak cuma buku, mainan-mainan anak yang udah gak kepake tapi masih terawat bisa banget loh di sumbangin. Lumayan manfaat daripada numpukin debu.

 

3. Ngasih sarapan murah meriah ke temen kerja. Temen saya pernah cerita, kalo setiap hari jumat pagi tetiba ada gorengan banyak di meja. Ternyata itu dari rekan kerjanya yang sengaja naroh disitu buat dimakan bareng-bareng, barangkali ada yang belon sarapan.

Simpel banget, cuman gorengan doang padahal. Tapi amboiii.. sebuah bala-bala yang landing di mulut saat kita lagi laper-lapernya tuh nikmat ga kekira.

Kalo Bapak lagi gak ada dana buat beli makanan, Bapak cukup kasih senyum sama bersikap ramah buat rekan-rekan kerja Bapak di sekitar aja biar mereka ikutan bahagia, Bapak jadinya kecipratan pahala lagi yakan.

 

4. Jajan di lapaknya temen. Jangan salah loh Pak, jajan itu juga sedekah. Kita ngelarisin dagangan temen bisa jadi jalan rezeki buat dia. Mereka seneng banget pasti dagangannya laris manis.

Walaupun di olshop harganya lebih murah, ada kepuasan tersendiri bisa bantu temen atau pedagang sekitar kita pan. Makanya  itu saya sering banget bilang ke istri “Ma, Papa mau sedekah yaa.. ke tukang baso.”

 

5. Jadi contoh yang bener buat anak. Bapak pasti setuju ama saya kalo ngedidik anak itu beuh susah, tanggung jawabnya gede.

Tapi kelakuan baik bapak yang simpel, yang receh-receh terus dicontoh sama anak itu justru yang bakal jadi pondasi utama akhlak mereka. Nasehat-nasehat ringan yang bapak kasih terus ddengerin anak dan dipegang teguh sampe mereka dewasa nanti bakal jadi pahala yang gak bakal putus-putus.

Keren banget kan, Pak. Saya jadi mellow nih, udah ngasi contoh yang bener belom ya ke anak?

 

Segitu dulu, Pak. Barangkali Bapak punya atau kepikiran ide lain. Boleh banget bagi2 juga Pak. Biar kita saling menginspirasi.

quote

Saya yakin Tuhan Maha Baik. Biar kata simpel dan sederhana rasanya, kalau diniatin buat ibadah, Tuhan pasti tahu.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
13 Sep 2022
Dilihat :
25

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait