Kebiasaan Buruk yang Bikin Gajian Numpang Lewat Doang Depan Adik

Bacaan 2 menit

Beberapa dari adik pasti pernah merasa bingung kenapa pada saat gajian datang uang yang adik dapat tiba-tiba sudah habis entah kemana. Bisa jadi adik punya kebiasaan-kebiasaan buruk seperti berikut ini.

Pengeluaran yang berlebihan

Punya penghasilan sendiri pasti membuat adik jadi ingin membeli semua hal yang adik inginkan tanpa peduli hal tersebut dibutuhkan atau tidak. Sebenarnya tidak jadi masalah kalo adik ingin membeli sesuatu yang selama ini adik mau, tapi perlu dilihat juga harga dari barang tersebut. Kalo uang yang adik keluarkan lebih besar daripada penghasilan yang adik terima tentu ini bisa jadi jebakan ke depannya. Adik perlu menahan diri dari keinginan yang menggiurkan di depan tapi sebenarnya financial adik belum mampu untuk menjangkau keinginan tersebut.

Budgeting

Banyak sekali orang yang pintar untuk mencari uang tapi mereka tidak bisa untuk mengelolanya. Ini mungkin jadi salah satu akar masalah kenapa adik tiap gajian uang tersebut hanya numpang lewat doang. Perlunya anggaran tiap bulan bikin pengeluaran adik tetap terkontrol dan gak berlebihan saat menggunakannya. Kalo adik udah budgeting dari awal, gak ada lagi bingung-bingung itu uang pergi kemana.

Money management

Jika sudah mempunyai penghasilan tentu perlu dibarengi dengan kecerdasan adik dalam mengelola keuangan. Jangan sampai uang yang selama ini adik hasilkan justru tidak ada yang tersisa saat diperlukan di masa depan. Adik bisa menyisihkan penghasilan adik untuk investasi di beberapa hal seperti saham, tanah, atau emas. Adik juga bisa memutarkan uang tersebut untuk membangun bisnis yang ingin adik bangun.

Nabung di akhir

Kebiasaan buruk lainnya adalah menabung di akhir bulan. Jika adik ingin menyisihkan penghasilan adik untuk ditabung baiknya dilakukan di awal bulan. Tujuannya supaya uang tersebut tidak digunakan untuk keinginan adik yang ujung-ujungnya adik tidak bisa menabung karena uang tersebut habis terpakai.

Dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk tadi tentu saja banyak hal yang akan berubah dari financial adik. Gak ada salahnya untuk mengurangi keinginan demi kebutuhan yang lebih penting di masa depan.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
181

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait