Kembang2an yang Bisa Bapak Makan Kalo Lagi Lapar

07 Sep 2022

Emang ada ya bunga yang bisa langsung dimakan gitu? Ada pak. Bahkan ada manfaatnya kalo kita makan bunga itu. Istilah buat bunga yang bisa dimakan itu namanya edible flower. Yang penting, pastiin di bunga2 yang mau dimakan, gak ada kadungan kimia, kaya pukim atau pestisida, sama gak ada serangga didalemnya Apaan aja sih bunga2 yg bisa dimakan

Bunga Melati
Selain jadi olahan teh, bunga melati ternyata bisa juga dimakan. Seringnya digunakan di makanan pudding dan frozen dairy desserts. 

Selain bikin mulut wangi (minimal kita sendiri yg nyium), bunga melati juga bersifat detox, yang bisa menetralisir racun dalam tubuh kita. 

Kembang Turi
Bunga yang kalo lagi kuncup bentuknya kaya bulan sabit, tapi kalo mekar mirip kupu2 ini, sering dijadiin lalapan atau sayur di campuran pecel karna rasanya yang gurih. Selain bisa dimakan, hampir semua bagian pohon ini ada manfaatnya. Kayu pohon bisa jadi bahan kayu bakar sama kertas, daunnya bisa jadi obat pegel linu, bunganya juga bisa jadi obat sariawan sampe ngelancarin BAB.

Bunga Pacar Air
Bunga pacar air jadi salah satu tanaman hias yang lagi dicari banyak orang buat ditanam di pekarangan rumah. Bukan cuma sebagai tanaman hias, tapi juga buat kesehatan. 

Daun sama biji bunga pacar air ini bisa langsung dimakan atau dimasak dulu. Tunas mudanya bisa dimasak buat jadi obat penyakit ruam di kulit, obat sakit pinggang, atau jadi obat buat ngelancarin sembelit atau ngeredain susah BAB. 

Bunga Mawar Mini
Bahasa kerennya Baby rose, salah satu bunga yang bisa dimakan nih pak. Tapi, kagak semua bagian dari bunga ini bisa dimakan. Cuma bagian kelopak bunganya aja yang bisa dimakan. Bapak juga harus pilih bunga yang harum dan kagak layu. Kelopaknya bisa langsung dimakan atau diolah pake cara dikeringin dulu. Abis itu, bapak bisa jadiin topping makanan atau campuran minuman. Selain antioksida, bunga mawar juga mengandung anti bakteri dan anti inflamasi.

Bunga Dahlia Pompom
Bapak tau kaga, bunga dahlia pompom?  Itu yang sering kita liat di dekorasi kue pernikahan. Bunga ini jadi bunga yang familiar buat dijadiin dekorasi kue, jadi appetizer, dessert, atau campuran minuman. 

Yang bikin bunga ini paling sering buat dijadiin bahan campuran makanan itu, karena punya beberapa rasa kaya water chestnut, apel bahkan kaya wortel. Usut punya usut, dahlia pompon gede itu cuma dipake petalnya aja kalo buat minuman. Nah, kalo buat kue nikahan itu biasanya pake dahlia pompom yang utuh.

Sebenernya, kalo di-list mah masih banyak bunga lain yang bisa langsung dimakan. Tapi ini saya masupin yang gampang ditemuin di sekitar kita. Kalo mau ditambah2in di komen, ica kalee...

 

Ditulis oleh:
Nasuha
07 Sep 2022
Dilihat :
27

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait