Beberapa Kelebihan Microgreen yang Mungkin Bapak Kagak Tau

22 Sep 2022

Microgreen merupakan tunas dari berbagai sayuran hijau muda yang punya tinggi kira-kira 2,5 - 7,5 cm. Belakangan ini jadi tren buat nanem taneman di rumah sendiri, termasuk si microgreen ini. Keunggulan nanem microgreen yaitu punya kandungan nutrisi yang lumayan gede banget, pak. Selain itu, sayuran ini bisa fleksibel banget buat ditanem di luar ruangan, rumah kaca, atau area yang kecil. Sayuran yang sering ketuker sama kecambah ini punya keuntungan buat kita di masa tua kalo sering konsumsi. 

  1. Nurunin kolesterol jahat
    Sering denger istilah kolesterol jahat kan, pak? Nah, microgreen ini diklaim bisa mencegah penyakit jantung dan nurunin kolesterol jahat di tubuh karna kandungan antioksidannya. Polifenol jadi sumber utamanya. Salah satu yang punya kandungan polifenol kuat itu ada di sayuran kubis merah yang udah kebukti bisa nurunin kadar trigliserida dan kolesterol LDL jahat yang jadi faktor utama jantung.
  2. Nurunin resiko Alzheimer
    Sama kaya kolesterol jahat, microgreen ternyata bisa ngebantu nurunin resiko dari penyakit Alzheimer karena kandungan Polifenol yang ada di dalemnya. Salah satu cara buat nurunin penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi sayuran yang kandungan antioksidannya tinggi. Sayuran ijo muda kek brokoli atau kubis bisa coba bapak tanem sendiri di rumah biar makin mudah ngebantu nurunin resiko Alzheimer.
  3. Ngebantu ngeringanin beban kerja ginjal
    Microgreen punya khasiat buat ngeringanin beban kerja ginjal karena dia punya kandungan kalium yang lumayan rendah. Apalagi buat bapak yang suka banget makan selada sebagai lalapan. Bisa banget tuh ditanem sendiri di rumah karna selada punya kandungan kalium yang nggak terlalu tinggi.
  4. Nangkal radikal bebas
    Tau kagak, pak? Karena punya kandungan antioksidan tadi, sayuran hijau muda ini bisa ngebantu tubuh kita buat menangkal radikal bebas. Brokoli yang punya kandungan vitamin E ini bisa jadi antioksidan fenolik. Sawi putih juga kaya vitamin A yang bisa jadi antioksidan karotenoid
  5. Jadi menu makanan sehat sehari-hari
    Microgreen bisa jadi salah satu alternatif menu makanan sehari-hari buat ngurangin campuran bahan kimia kalo beli sayuran di pasar. Dengan nanem sendiri di rumah, udah bisa di mapping tuh mau pake pupuk apa, proses pemilihan bibit yang unggul, sampe proses penyiraman dan panen. Selain itu juga microgreen bisa ningkatin penyerapan gula reguler sampe 25-44 persen. Cocok deh kalo udah pengen beralih ke menu makanan sehat.

Selamat mencoba bikin kebun microgreen ya pak!

Ditulis oleh:
Nasuha
22 Sep 2022
Dilihat :
35

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait