Kenapa bapak harus tetep bawa uang Cash di era yang Cashless ini

Bacaan 2 menit

Di masa yang berkembang saat ini, dimana beberapa metode pembayaran sudah berbentuk cashless / atau pembayaran menggunakan e-money, ternyata membawa uang cash (tunai) masih mempunyai beberapa manfaat, di antaranya adalah 

Penyelamat di saat darurat

Bapak lagi dalam perjalanan pulang ke rumah dari kantor, eh tiba-tiba kendaraan bapak bannya bocor. Mau gamau kan nyari tukang tambel ban yang dekat dengan bapak, apan ga mungkin kalo tukang tambel ban mau bapak bayar pake e-money. Di saat genting kayak begini, uang tunai adalah penyelamat bapak. Kondisi lainnya adalah saat bapak bayar tukang parkir di beberapa tempat yang bapak kunjungi.

Membantu pengembangan Usaha Kecil

Walaupun sebagian pedagang atau pemilik usaha sudah menawarkan metode pembayaran menggunakan e-money. Penggunaan uang tunai bisa lebih memudahkan kedua belah pihak. Selain kemudahannya, penggunaan uang tunai prosesnya lebih cepat dan biasanya tidak dikenakan biaya transaksi. Hal ini bisa membantu pengembangan ekonomi di lingkungan usaha tersebut. Walaupun kekurangannya adalah terkadang beberapa pemilik usaha belum ada uang kembalian jika bapak bayar pakai uang nominal besar untuk harga produk yang kecil.

Privacy

Penggunaan uang tunai lebih memberikan privasi dan anonimitas dibanding menggunakan e-money. Karena penggunaan aplikasi pembayaran non-tunai biasanya membutuhkan data-data penggunanya seperti, Nama, Nomer Kartu Kredit / Debit, dan informasi lainnya. Sedangkan penggunaan uang tunai tidak perlu menggunakan data-data tersebut.

Sarana belajar untuk anak

Penggunaan uang tunai juga bisa dijadikan sarana belajar anak untuk me-manage uangnya sendiri. Contohnya, kayak Pak Agus Peter Jaelani SE, SKCK, PWG, MBS yang mengajarkan anak untuk beli barang yang dia mau dengan menggunakan uang THR nya. Anaknya Pak Agus juga dikasih dompet sama beliau buat manage uangnya sendiri. Selain itu anak juga bisa belajar berhitung ketika berbelanja menggunakan uangnya sendiri.

Walaupun saat ini banyak kemudahan dan kepraktisan ketika menggunakan e-money, uang tunai juga masih memegang peranan yang sangat penting dalam hidup kita. Jadi kalo bisa penggunaan kedua bentuk uang ini harus tetap seimbang.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
234

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait