Kenapa Bapak Kagak Bakal Bisa Jadi Pembalap F1 (Formula One)

Bacaan 3 menit

Kalau nonton F1 tuh entah kenapa bisa menimbulkan excitement tersendiri. Mulai dari kecepatan ratusan mil per jam, bunyi mesin yang amboy sekali, dan bisa memicu adrenalin. Tapi kenyataannya cuman segelintir orang yang bisa masuk dunia F1, pak. Jalan untuk menjadi pembalap F1 ternyata penuh dengan tantangan, baik secara fisik maupun mental, yang orang biasa seperti bapak kagak bakal bisa raih. Ini beberapa alasan kenapa bapak kagak bakal bisa jadi pembalap F1 (Formula One).

Refleks Pembalap F1 bagus

Reaction time -nya pembalap F1 itu jauh lebih cepat dibanding orang biasa. Kalo kita orang biasa, punya reaction time 0.8 detik, sedangkan pembalap F1 punya reaction time di kisaran 0.2 detik. Refleks yang cepet ini bikin mereka bisa keputusan dalam sekejap. Misalkan, di tikungan yang ternyata ada mobil yang lebih lambat, mereka dengan cepet bisa ngindarin secara cepat tanpa menimbulkan tabrakan. Keputusan-keputusan ini bakal kepake banget pas balapan dan membantu banget agar mereka bisa menang. Beda ama bapak yang kalo ditanya sama istri jawabnya bisa delay sampe 8 detik. 

Pierre Gasly, ngetes refleksnya sebelum balapan dimulai (source: firstsportz.com)

Mobil F1 kagak kek mobil biasa, banyak printilannya

Di dalam mobil mereka, tepatnya dalem kokpit, banyak banget printilan yang mesti diperhatiin. Temperatur di dalem kokpit bisa ngelebihin temperatur air mendidih. Temperatur yang panas ini berasal dari engine mobil, sistem rem yang ngehasilin panas juga, ditambah lagi panas dari matahari. Kalo bapak jadi pembalap F1 mah udah overcooked pasti itu. Sama sistem rem mobil F1, butuh tenaga sampai dengan 100 kg buat bener-bener ngaktifin remnya. Belom lagi tombol-tombol yang ada di setir, yang jumlahnya bisa sampai 20++ tombol.


Fungsi tombol yang ada di steering wheel mobil F1 (source: motorauthority.com)

Fisiknya harus kuat banget-bangetan

Tuntutan fisik buat mengendarai mobil F1 itu berat banget, pak. Temperatur ekstrem di dalem kokpit serta G-Force yang dialami bisa menyebabkan penurunan berat badan secara signifikan. Pas lagi balapan, pembalap F1 bisa turun berat badan sampai dengan 3,5 kg. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, yaitu dehidrasi, keringetan parah dan tekanan G-force. Kombinasi dari panas dan tekanan G-Force bikin detak jantung pembalap F1 berada di 170 bpm pas lagi balapan, sedangkan detak jantung normal orang yang sehat adalah 72bpm. Jadi dag dig dug banget itu pas balapan. Ngomongin G-Force juga, pas lagi di tikungan, mobil F1 ngasih tambahan 5-6 G-Force ke si pembalap. Tambahan ini bikin berat di bagian kepala pengemudi ketambahan 25kg. Makanya kalo bapak perhatiin, otot di bagian leher pembalap F1 pasti mantep. Kalo bapak yang nyetir mah udah pasti pingsan pas lagi di tikungan, mana bapak olahraga aja males belom lagi lehernya kekonci stang gara-gara asam urat. Gimana mau jadi pembalap F1 yak.