Kenapa Rem Motor Matik Suka Blong?

Bacaan 2 menit

Duh serem banget ya kalo denger kata2 rem nge-blong, apalagi kalau kejadian ini pas lagi perjalanan luar kota yg banyak turunan nya. Jauh dari bengkel pula. Sebetulnya hal ini gak hanya terjadi di motor matik aja, tapi bisa juga yg non matik. Kalau di motor listrik bisa kejadian juga gak? Bisa banget!

Trus kenapa bisa begitu?

Semua motor basically punya mekanisme kerja rem yg sama, yaitu dengan memanfaatkan tekanan di kanvas rem (brake pad) ke permukaan tromol atau disk (cakram) buat brentiin motor. Tekanan ini tentunya nimbulin panas dari hasil gesekan diantara keduanya. Semakin kuat tekanan, semakin tinggi juga panas yg dihasilin, terutama saat kecepatan tinggi atau kondisi jalan menurun. Disaat kondisi rem panas berlebih inilah yg bikin rem jadi blong alias berkurang kemampuannya buat brentiin motor.

Gesekan terus menerus ini seringkali disebabkan kebiasaan ridernya juga, yg tanpa disadari jari2 nempel & neken tuas rem. Walau sedikit tapi bikin suhu rem meningkat, jadi saat diperluin remnya udah terlanjur panas duluan atau malah mungkin sudah overheat.

Jadi mestinya gimana dong biar gak kejadian gitu?

  1. Jangan biasain jari nempel & narik tuas rem terus2an.
  2. Pas ketemu turunan panjang, teken rem bergantian antara depan-belakang supaya rem ada kesempatan nurunin suhunya.
  3. Untuk motor matik, jangan tutup gas sepenuhnya waktu ngerem diturunan, sesekali dibuka sedikit supaya tetep ada engine brake.
  4. Untuk motor non matik, bantu pengereman dengan nurunin transmisi ke gigi yg lebih rendah (engine brake).
  5. Kalau memang jalur yg dilewatin banyak turunan, bisa ganti kanvas rem (brake pad) versi aftermarket yg punya suhu kerja lebih tinggi dari model standar.
  6. Lebih afdol lagi selang remnya juga diganti yg model anyaman kawat baja (braided) karena lebih tahan suhu tinggi.
  7. Biasain istirahat dulu kalau menempuh perjalanan jauh minimal 2-3 jam sekali, supaya remnya juga bisa istirahat.
  8. Rutin cek ketebalan kanvas rem & piringan/tromol.

Jangan lupa selalu berdoa, berkendara dengan aman, & taati aturan lalu lintas ya Pak!

Ditulis oleh:
Cecep Piston
Bacaan 2 menit
Dilihat :
379

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait