Kenapa Temen Adik Yang Kerjanya Kagak Becus Malah Dipromosiin?

Bacaan 2 menit

Adik udah kerja bener, disiplin, reportnya bagus. E pas giliran promosi tahunan, yang dapet malah si Gani, yang adik tau dia sama sekali kagak becus. Kan gedek bener yak, dan kejadian gini gak menimpa adik doang. Dulu saya ngalamin, dan bapak-bapak yang lain juga ngalamin. Kenapa penjilat di kantor bisa lebih cepat naik gaji?

Kenapa bisa begitu ya?

Kalau saya perhatiin ini ada 2 sebab,

Kemampuan Bersosialisasi
Adik pasti mikir "ah dia punya orang dalem dan kerjaannya cuman menjilat aja nih". Lebih dari itu ternyata. Adik mesti paham orang-orang malas seperti Gani biasanya suka sekali cari jalan yang cepet. Dan orang-orang kek Gani paham betul, kalo kemampuan bersosialisasi adalah kuncinya. Komunikasi di dunia profesional adalah hal yang vital. Menyelesaikan sebagian besar pekerjaan membuat adik dapat diandalkan, tapi ternyata dipromosikan itu soal menjunjung tinggi keakraban.

Kagak bertele-tele, straight to the point
Poin yang kedua adalah orang modelan kayak si Gani, kagak bertele-tele, kagak ada rasa gak enakan dan straight to the point. Dia bisa tanpa tedeng aling-aling ngomong langung ke atasan, "Pak, saya dipromosiin dong". Probabilitanya adalah 50:50 dia bisa ngedapetin promosi itu. Karena dia tau banget, kalau mau sesuatu, ya minta dengan jelas. Kemungkinan ditolak tetep ada, tapi bulan depan dia minta lagi.

Kesimpulan

Orang modelan Gani sering dipromosikan karena mereka menemukan cara untuk menyesuakan diri dengan budaya dengan cara apa pun, bukan karena mereka menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Apan kan keren kalo adik jago, report keren, capable tapi juga paham budaya kantor kek gimana. Bismillah komisaris.

Tapi pertanyaannya, apa bener adik pengen apa yang Gani raih? Semakin tinggi posisi, semakin banyak hubungan dan tanggung jawab yang cenderung dituntut dari adik.

Jika pekerjaan adik kelar, hasilnya juga bagus, gajinya cukup, dan punya keseimbangan kerja/hidup yang baik, jangan gampang ngeluh atau kesel karena si Gani dipromosiin. Kan adik udah dapat sweet spot adik sendiri. 

Itulah kenapa penjilat di kantor bisa lebih cepat naik gaji. Perlu diingat gak semua kantor seperti itu yah. Ada juga yang adil. Terus kalau adik udah capable, gak bermasalah dan lihai bgt jalin hubungan di setiap hirarki kantor, tapi tetep aja kagak dipromosiin, mending adik cari peluang baru aja, dik. Cari tempat yang sekiranya adik bisa jauh dilihat value-nya

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
34

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait