Kiat-Kiat Biar Bapak Kaga Dehidrasi pas Lagi Puasa

Bacaan 3 menit

Puasa menimbulkan resiko besar terjadinya dehidrasi. Apalagi kalo bulan suci Ramadan terjadi pada suhu musim panas yang tinggi, ini bisa bikin bapak kelelahan dan mual.

Faktor resiko dehidrasi lainnya adalah penyakit yang disertai diare, muntah, dan demam tinggi. Dehidrasi parah dimulai dengan gejala seperti mulut kering yang ekstrim, kulit kering dan berkerut, rasa lesu, kurangnya konsentrasi, tidur berlebihan, kesulitan buang air kecil, dan sembelit. Aduh biyung. Ini biar saya kasih tau tips-tips biar bapak kaga dehidrasi pas lagi puasa, 

Minum 6-12 Gelas Air Putih di Waktu Berbuka dan Waktu Sahur

Kalo bisa bapak minum air anget daripada air dingin, karena air dingin ini lebih cepat keserap sama tubuh. Agar target 6-12 gelas air putih ini bisa tercapai, bapak bisa bagi waktunya ketika buka puasa sebanyak 3-6 gelas dan ketika sahur dengan jumlah yang sama 3-6 gelas. Misalnya ketika waktu berbuka bapak minum 1 gelas, pas makan berat 1 gelas, waktu abis sholat Isya’ 1 gelas, abis sholat teraweh 1 gelas, terus sebelum tidur 1 gelas. Itu aja udah dapet 5 gelas air putih, pak. Dengan ini badan bapak bakal tetap terhidrasi selama seharian bapak berpuasa.

Mengurangi Penggunaan Bumbu dan Garam yang Berlebihan

Sebaiknya bapak hindarin makanan yang berbumbu tinggi pas buka puasa karena makanan ini akan meningkatkan kebutuhan air pada tubuh bapak. Selain itu, disarankan agar penggunaan garam pada saat memasak dikurangi. Karena ternyata mengonsumsi garam dalam jumlah tinggi bisa bikin kita merasa haus.

Mengontrol Makan Makanan yang Manis-Manis

Kadang pas malem abis buka untuk mengisi tenaga bapak jadi kepengen makan yang manis-manis, karena pas buka puasa, bapak biasanya bukanya dengan yang asin-asin. Sebenernya makan manis-manis gapapa pak, selama dikontrol dan gak berlebihan. Karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang manis meningkatkan rasa haus karena mengandung banyak gula. Solusinya kalo emang bapak tetep mau makan manis-manis yang sehat, bapak bisa makan buah. Baiknya buah yang kandungan airnya banyak seperti semangka, jeruk dan melon.

Mengurangi Kafein dan Nikotin

Kafein adalah diuretik alami karena meningkatkan kehilangan cairan dan rasa haus. Diuretik ini adalah substansi yang bikin kita membuang lebihan garam dan air dalam tubuh melalui urin. Makanya seringkali abis bapak ngopi, ga lama kemudian bapak pasti ngerasa pengen buang air kecil. Sebaiknya bapak hindari minuman berkafein selama bulan Ramadan. Ini termasuk energy drink dan minuman berkarbonasi alias soda, teh dan kopi. Rokoknya juga berhenti dulu, pak. Karena merokok bikin mulut bapak kering dan bikin bapak merasa haus terus menerus.

Jangan Terlalu Lama Terpapar dengan Sinar Matahari atau Melakukan Aktifitas Fisik yang Dilakukan di Outdoor

Karena suhu tinggi dan paparan sinar matahari langsung, jadinya perlu banyak minum air putih karena tubuh lebih rentan mengalami dehidrasi dan peningkatan rasa haus. Kalo bapak pengen tetap beraktifitas fisik, seperti berolahraga pas bulan Ramadan, waktu terbaik buat berolahraga adalah sebelum berbuka puasa, memang agak kurang bertenaga tapi bisa diakalin dengan mengurangi set dan menambah rest time antar set. Abis itu badan bapak bakal kerasa lebih seger dan bapak bisa ngebalikin tenaga pas berbuka puasa. Tapi jangan balas dendam ya, pak.

Mandi Air Dingin

Kalo bapak mandi air anget atau panas, suhu panas yang terkena badan bapak dapat meningkatkan keluarnya cairan melalui pori-pori kulit. Beda kalo bapak mandi pake air dingin, badan bapak gak bakal mengeluarkan banyak cairan. Selain itu, mandi dengan air dingin juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Karena kalo nyari pengganti cairan dan cuman ngandelin air putih doang, ketika berpuasa tidak akan cukup, pak. Walaupun emang badan kita udah 70%-nya adalah air. Tetep aja kita butuh banyak cairan, serta mengonsumsi makanan kaya cairan, seperti buah, sayuran, dan sup. Jenis makanan ini sangat penting untuk menggantikan cairan yang hilang di siang hari dan bikin bapak kuat buat memulai puasa besok harinya, karena bapak terhidrasi dengan baik. 

Jadi itulah tips-tips biar bapak kagak dehidrasi pas lagi puasa. Kalo bapak terhidrasi dengan baik, puasa bapak pasti berjalan dengan lancar. Dan semoga lancar terus sampai 30 hari ke depan ya pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
169

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait