Makanan Khas Buka Puasa dari Negara Lain yang Amboy Sekali

Bacaan 2 menit

Di bulan Ramadan, buka puasa merupakan salah satu waktu yang ditunggu-tunggu. Karena kita bisa menjalankan bagian dari ibadah dan merupakan momen untuk berkumpul dengan keluarga tersayang. Ngomongin buka puasa, pasti kita bakal ngomongin menu untuk berbuka puasa. Kalo di Indonesia udah ga perlu ditanya, banyak sekali macemnya menu berbuka puasa. Tapi negara selain Indonesia juga punya makanan khas buka puasa yang unik dan menarik. Ini biar saya kasih tau pak, makanan khas buka puasa dari negara lain yang unik dan menarik.

 

Chorba Frik (Algeria)

Sup bernama 'Chorba' ini terbuat dari tomat, sayuran, bihun, dan leher domba. Ini merupakan makanan khas Algeria tradisional untuk berbuka puasa, biasanya sup ini disajikan dengan Börek, yaitu kue pastri panggang dengan berbagai macam isian, seperti bayam, keju, daging domba, dan kentang.

Shahi Haleem (Bangladesh)

Ini makanan udah ada dari abad ke-10, hidangan dengan tekstur berbumbu kental ini merupakan makanan pokok di Bangladesh pas bulan Ramadhan. Makanan ini dibuat dari gandum, atau barley, daging, terus dicampur dengan buah-buahan kering dan kacang-kacangan dan di atasnya diberi jeruk nipis, bawang bombay, dan ketumbar.

Qamr Id-deen (Lebanon)

Kalo di Lebanon biasanya buka puasanya dengan jus segar. Salah satu jus yang paling populer pada saat Ramadan adalah Qamr Id-deen (Qamar Al-Din), yaitu jus buah yang terbuat dari aprikot kering yang biasanya dicampur dengan air dan sari dari bunga jeruk.

Ramazan Pidesi (Turki)

Roti pipih empuk khas Turki yang ditaburi dengan wijen dan biji hitam, biasanya disajikan pas masih fresh dan masih panas. Biasanya orang-orang yang puasa Ramadan di Turki bakal rela ngantri panjang buat beli roti ini.

Qatayef (Mesir, Levant)

Makanan yang mirip pancake ini biasa diisi dengan krim, kacang-kacangan atau keju, terus digoreng sampe warnanya berubah jadi keemasan. Makanan ini biasa direndam dalam sirup gula yang dikasih wewangian air mawar atau bunga jeruk.

Nisalda (Uzbekistan)

Pas Ramadan banyak toko di Uzbekistan yang menjual dessert berwarna putih ini. Makanan ini terbuat dari putih telur, gula, dan resep tradisional lainnya seperti akar dan tumbuh-tumbuhan yang ditanam di daratan Uzbekistan. Teksturnya kental dan katanya bisa memperlancar pencernaan.

Zoolbia (Iran)

Makanan camilan khas Persia ini sangat populer di Asia Selatan dan Timur Tengah. Makanan ini bentuknya mirip donat yang dibuat dengan adonan yang ditambah sirup manis. Biasanya zoolbia ini dimakan bareng dengan teh hitam ala Persia. Selain ditambahkan dengan madu dan gula, zoolbia di Iran juga dibumbui dengan kunyit atau air mawar.

Itulah beberapa makanan khas buka puasa dari negara lain yang unik dan menarik. Walaupun begitu, Indonesia masih menjadi juaranya karena banyak sekali ragam makanan berbuka puasa. Negara lain mana coba yang bisa ngalahin gorengan anget plus sambel kacang? Walaupun artikel ini berbicara mengenai makanan, semoga bapak tetap kuat berpuasa ya!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
1105

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait