Makanan-makanan Yang Bisa Mengurangi Stres Yang Keknya Bapak Belon Tau

Bacaan 2 menit

Di umuran kita gini pak sering banget kita dihadapkan sama stres baik dari lingkungan keluarga, pekerjaan atau di llingkungan lainnya. Kalo sering banget mengalami stres, gaboleh didiemin tuh pak. Biar bapak agak kurang stresnya bapak bisa makan-makanan tertentu. Nah ini saya mau ngasih tau makanan yang bisa mengurangi stres yang mungkin bapak belom tau.

Buah Beri

Beri-berian kayak stroberi, blueberi dan jenis beri lainnya tinggi akan antioksidan dan vitamin C, yang bisa membantu melawan stres. Idealnya bapak mesti makan langsung beri yang fresh. Tapi beri frozen juga bisa mempertahankan sebagian besar nilai gizinya karena biasanya beri ini abis dipetik langsung di packing frozen.

Pisang

Pisang ini mengandung potasium, yang bisa bantu meregulasi tekanan darah. Selain itu, pisang juga mengandung trytophan, salah satu asam amino yang nantinya diubah menjadi hormon serotonin. Hormon serotonin ini bermanfaat untuk mencegah depresi. Kalo kadar hormon serotonin dalam tubuh bapak tercukupi, suasana hati bapak bakal tetap positif. Pisang yang langsung dimakan maupun olahan (kek keripik pisang kering), tetap bisa memberikan manfaat pereda stres, meski pisang yang dimakan langsung lebih banyak mengandung nutrisi.

Dark Chocolate

Cokelat Hitam ini walaupun buat sebagian orang terasa pahit, ternyata mengandung antioksidan dan flavonoid yang bisa nurunin hormon stres dalam tubuh dan meningkatkan rasa tenang pada tubuh bapak. Cokelat hitam dengan kandungan kakao tinggi paling baik untuk menghilangkan stres. Terus kalo bisa cari yang pure dark chocolate, alias belom diproses sama sekali.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kek almond, walnut, pistachio mempunyai kandungan vitamin yang tinggi dan mineral seperti magnesium dan zat besi, yang bisa membantu mengurangi stres bapak. Kacang-kacangan ini juga mau dimakan langsung, dipanggang atau dijadiin selai tetap bergizi, pak. Asal jangan makan yang udah ditambahin gula dan preservatif lainnya ya pak.

Oats

Oat merupakan karbohidrat kompleks yang bisa ngebantu menstabilkan kadar gula darah, yang nantinya membantu mengatur suasana hati dan mengurangi stres. Oatmeal instan kadang bisa mengurangi kandungan serat oatnya, tapi tenang pak, ini tetep bisa menjadi sumber nutrisi pereda stres yang baik. Kalo bisa bapak pilih oat yang diproses seminimal mungkin.

Sayur Dedaunan Hijau

Dedaunan hijau kayak bayam, kale, dan lainnya tinggi akan magnesium yang bisa ngebantu bapak rileks dan mengurangi stres. Magnesium ini bisa ngebantu mengelola sistem respons stres dan level kortisol bapak. Kalo mau diolah baiknya dikukus atau ditumis sebentar sayuran hijaunya, pak. Karena ini bisa mempertahankan lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan kalo bapak ngerebus sayur-sayur ini.

Alpukat

Buah yang kaya akan lemak sehat dan potasium ini bisa ngebantu nurunin tekanan darah dan mengurangi stres. Seringnya dikonsumsi langsung, tapi bisa juga diolah jadi jus atau dimasukkan ke berbagai jenis masakan tanpa mengurangi nilai gizinya secara signifikan.

Jeruk

Seperti yang bapak tau, jeruk ini kaya akan vitamin C, yang bisa ngebantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jeruk yang dikonsumsi langsung dan jeruk yang dijus memberikan nutrisi paling banyak. Produk olahan jeruk seperti jus jeruk dalam botol atau kaleng biasanya mengandung tambahan gula dan nutrisinya lebih sedikit.

Selain makanan yang disebutkan di atas, bapak harus tetap terhidrasi dengan baik dan bisa juga minum teh herbal seperti chamomile buat bantu mengurangi stres. Makanan-makanan yang bisa mengurangi stres ini juga sangat mudah didapatkan. Jadinya bapak bisa jauh dari stres dan tetep hepi. Semoga artikelnya membantu ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
32

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait