Makanan-Makanan yang Perlu Dihindari Kalau Punya Penyakit Asam Urat

Bacaan 2 menit

Asam urat sebenarnya adalah senyawa yang diproduksi buat mengurai purin, tapi kalo berlebihan bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Usia 30 tahun buat pria perlu di waspadai karena rentan mengalami asam urat ini. Faktornya beragam, mulai dari berat badan berlebih, turunan, sampai pola makan. Makanya, ada beberapa makanan yang perlu dibatasi.

Ikan Sarden

Mau itu bentukannya masih ikan atau olahan, apalagi yang bentuknya kering perlu dibatasin ya pak, jangan dikonsumsi terlalu banyak. Soalnya ikan sarden ini punya kandungan purin yang tinggi. Purin ini adalah zat alami yang punya peran penting di tubuh, nantinya saat zat purin ini sudah selesai digunakan tubuh, asam urat bakal dibuang melalui urine. Tapi, kalo terlalu banyak, asam urat bakal menumpuk dan menimbulkan rasa sakit luar biasa.

Udang

Makanan satu ini emang lezat banget tapi banyak dihindari apalagi buat yang punya alergi, kolesterol, sama asam urat. Selain kolesterol yang tinggi ternyata udang juga punya kandungan purin yang banyak sekitar 273mg/100gr. Kalo ngebatesin ini makanan masih susah karena takut kebablasan mending ganti aja sama cumi atau lobster yang masih kebilang aman.

Ati ayam

Sebenernya semua jeroan rata-rata punya kandungan purin yang tinggi, tapi ati ayam punya kandungan purin yang lebih tinggi lagi. Sering disajiin pas lagi makan bubur, menu warteg, atau olahan ati ayam pasti bikin bapak susah batesinnya, padahal kandungan purinnya bisa sampai 315mg/100gr. Harus lebih inget-inget badan lagi ya pak.

Ikan Teri

Masalah gede nih buat bapak yang suka sama masakan-masakan sunda, soalnya ikan teri udah jadi karakter utama ditiap sajian makanan sunda. Mending batesin mulai dari sekarang ya pak, soalnya ikan teri ini kandungan purinnya udah tinggi banget sekitar 1109mg/100gr. Gak mau pan kalo kaki malah jadi bengkak dan cekit-cekit karena asam urat kambuh.

Minuman soda atau sirup-sirup manis tinggi fruktosa

Sebelum minum minuman ini penting banget buat bapak cek kadar fruktosanya. Soalnya fruktosa ini kan bakal dipecah dalem tubuh, nah kandungan purinnya juga ikut lepas. Purinnya ini bakal dipecah lagi jadi asam urat. Jadi kebayang kan segimana tingginya asam urat bapak kalo minum minuman ini.

Untuk makanan sendiri, bapak perlu perbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan yang punya antioksidan tinggi.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
122

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait