Manfaat Lain Kulit Bawang yang Mungkin Bapak Belon Tau

15 Sep 2022

Pernah nggak sih, pak? merhatiin kalo ada bekas kupasan bawang merah atau putih biasanya langsung dibuang gitu aja? Sebenernya kulit bawang ini punya manfaat lain nggak ya? 

Abis browsing2 di gugel, ternyata kulit bawang itu kagak melulu jadi sampah sisaan yang mesti langsung dibuang. Ada manfaat lain dari kulit bawang yang udah dikupas lho. Nih, saya kasih tau apa aja manfaatnya.

Jadi pestisida nabati. Manfaat pertama dari kulit bawang bisa dibikin dari pestisida nabati buat ngusir hama kayak kutu kebul, ulat, sama jamur di taneman. Bawang merah punya senyawa acitogenin. Bisa bikin serangga atau hama jadi males makan taneman kita.

Cara buatnya gampang, siapin kulit bawang merah yang udah dikupas. Masukin kulit bawang merah ke dalem botol plastik ukuran 550ml sampe seperempat atau setengah botol. Abis itu, tambahin air sampe penuh, kocok sampe air sama kulit bawang tadi nyampur. Diemin kurang lebih 2 hari. Abis itu, saring rendeman air buat dipindahin ke botol semprot yang siap dipake buat ngelindungin dan nyuburin taneman Bapak di rumah.

Bikin pupuk alami kulit bawang. Usut punya usut, kulit bawang punya kandungan kalium yang bisa jadi pupuk organik taneman yang ditanem di dalem atau di luar rumah. Campuran pupuk dari kulit bawang ini bisa ningkatin ketahanan taneman dari penyakit, bikin batang taneman kuat, taneman jadi makin oke. Pupuk kulit bawang punya kandungan kalsium, zat besi, magnesium bahkan tembaga.

Tinggal ambil kulit bawang yang udah disimpen di mangkok ukuran sedang, rendem di 1 liter air selama 24 jam. Abis itu, saring air yang udah berwarna dan kental itu ke dalem toples. Pupuk kulit bawang siap dipake pak! Kasih ke taneman Bapak 3 sampe 4 kali sebulan ya biar makin kuat dan subur.

Keripik kulit bawang. Kulit bawang juga bisa dibikin jadi olahan keripik yang enak. Bahkan, koki dunia udah pernah ada yang coba lho pak! Coba cek akun Instagram-nya Shopia Roe yang pernah sharing hasil olahan kulit bawang jadi keripik.

Caranya, masukin kulit bawang putih ke dalem minyak zaitun, terus taburin garem sesuai selera Bapak. Panggang kurang lebih selama 10 menitan pake suhu 180 derajat celcius sampe si kulit bawang ini berubah jadi keripik yang renyah. Abis itu angkat dan keripik bawang siap dimakan, pak! Coba pake nasi atau pake salad ya. Beuuhh rasanya mantep.

Bisa buat cegah kanker. Kandungan antioksidan yang gede bikin kulit bawang nggak cuma sekedar sampah dapur biasa doang. Lapisan luar kulit bawang merah jadi sumber utama yang kaya banget antioksidan, serat makanan, sama flavanoid atau senyawa bioaktif di bahan makanan tumbuhan bikin kulit jadi sehat mirip antioksidan. Manfaatnya banyak, bisa cegah kanker usus besar, bisa nurunin resiko diabetes tipe 2, kegemukan dan masalah gastrointestinal (gangguan sistem di organ pencernaan).

Kulit bawang yang udah dipisahin bisa dicuci terus direbus dulu biar bersih ya pak. Abis itu bisa jadi campuran rebusan makanan atau bisa langsung ditambahin ke dalem sup yang udah mateng. Dijamin maknyusss.

Pengganti kondisioner rambut. Pernah liat produk shampoo tapi pake ekstrak kulit bawang kagak pak? Iya, emang bisa kok. Kulit bawang dikumpulin setelah direndem sebelumnya. Abis itu, air rendemannya disaring buat misahin dari kulitnya. Air rendeman yang udah dipisahin dan bersih dari bekasnya bisa dipake jadi kondisioner rambut dan udah kagak bau kulit bawang lagi.  Abis pake kondisioner ini, bapak bisa cuci rambut pake sampo biar makin bersih ya. Air kulit bawang ini bikin rambut jadi lebih bernutrisi dan bikin rambut jadi lebih alus. Cobain ya pak.

Walopun punya manfaat lain yang sebelumnya kagak pernah kepikiran. Penting banget dicatet nih, pak. Pemakaian kulit bawang nggak disaranin dan dianjurin buat ibu-ibu hamil dan menyusui yak.

 

Ditulis oleh:
Nasuha
15 Sep 2022
Dilihat :
35

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait