Beberapa Masalah Kesehatan Umum yang Harus Bapak Periksakan ke Dokter

Bacaan 2 menit

Seiring bertambahnya umur, kita pasti sangat rentan dengan penyakit. Penyakit apa aja sih yang bisa menimpa kita? Apa saja yang harus bapak cek ketika melakukan medical check-up?

Kesehatan Kardiovaskular

Merupakan kesehatan yang berkaitan dengan organ jantung dan pembuluh darah bapak. Beberapa penyakit dalam kategori ini adalah penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, aritmia dan lainnya. Beberapa faktor yang menyebabkan resiko penyakit kardiovaskular diantaranya adalah,

  • Kolesterol tinggi
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes

Faktor di atas adalah faktor yang sebaiknya bapak segera periksakan ke dokter.

Penglihatan dan Kesehatan Mata

Di era digital ini, sudah pasti kita menghabiskan banyak waktu di depan layar. Baik itu layar smartphone maupun laptop, atau bahkan gadget lainnya. Hal ini merupakan faktor terbesar menurunnya kemampuan penglihatan dan kesehatan mata. Beberapa penyakit yang mungkin timbul adalah,

  • Presbiopi
  • Kelainan refraksi, kondisi dimana penglihatan menjadi kabur karena objek yang dilihat tidak sesuai dengan bidang retina.
  • Katarak
  • Glaukoma, rusaknya saraf mata.
  • Retinopati diabetik, gangguan mata yang terjadi pada penderita diabetes.

Jika memungkinkan, sebaiknya bapak periksakan kesehatan mata secara berkala.

Kesehatan Metabolisme

Singkatnya, kesehatan metabolisme ini meliputi 5 faktor,

  1. Kadar gula darah
  2. Tekanan darah
  3. Ukuran lingkar pinggang
  4. Kolesterol baik (HDL)
  5. Trigliserida, salah satu jenis lemak yang mengalir dalam darah.

Jika salah satu dari poin di atas tidak memenuhi angka normal, bapak bisa konsultasikan ke dokter.

Kesehatan Tulang

Seiring bertambahnya umur, tulang kita terus berubah – tulang baru terbentuk dan tulang lama dipecah. Ketika usia kita masih muda, tubuh membuat tulang baru lebih cepat daripada menghancurkan tulang lama, yang berakibat meningkatnya massa tulang. Kebanyakan orang mencapai puncak massa tulangnya di usia 30 tahun. Setelah itu, pembentukan ulang tulang terus berlanjut, namun massa tulang kita akan kehilangan sedikit lebih banyak daripada penambahannya. Semakin bertambahnya umur juga, kita semakin rawan terkena osteoporosis, terutama pada wanita. Jika bapak mengalami keluhan mengenai kesehatan tulang, bapak bisa ambil Bone Mineral Densitometry (Tes Densitas Tulang), untuk mengecek dan mengevaluasi kemungkinan terjadinya osteoporosis.

Kesehatan Sendi

Sama seperti tulang, seiring bertambahnya umur sendi kita akan mengalami kekakuan. Dan hal tersebut adalah hal yang wajar. Atritis dan masalah persendian lainnya, seperti nyeri sendi, bursitis, carpal tunnel syndrome menjadi lebih umum dan sering terjadi. Kesehatan tulang dan sendi sebenernya saling berkaitan, jadi bapak bisa menjaga asupan kalsium, mineral dan meminum suplemen. Jika mengelami keluhan mengenai kesehatan sendi, bapak bisa segera konsultasikan ke dokter.

Kesehatan Mental

Yang ini juga ga kalah penting, pak. Stress, AnxietyBurnout dan depresi bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Kesehatan ini sangat berkaitan dengan emosi, kondisi psikis dan kejiwaan. Jika kesehatan mental terganggu, akan menimbulkan penyakit mental. Jika dirasa bapak mengalami masalah terkait kesehatan mental, bapak bisa cari dukungan dari lingkungan sekitar (keluarga, teman dekat) dan konsultasi ke psikolog.

Kurang lebih itu beberapa masalah kesehatan umum yang sering terjadi pada orang dewasa. Jika dirasa mengalami keluhan, bapak bisa konsultasi ke dokter. Gaya hidup yang sehat juga bisa membantu bapak mencegah masalah kesehatan umum di atas. Karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Semoga sehat selalu ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
88

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait