Mengenal beberapa konsep pengembangan diri dari sudut pandang seorang Shaolin Master (Shi Heng Yi)

Bacaan 2 menit

Jadi kemarin saya nemu video di YouTube mengenai seorang Shaolin Master bernama Shi Heng Yi yang jadi narasumber TEDxBaiaMare yang berjudul Test your might!Shaolin Spirit. Disini dia ngasih beberapa poin untuk pengembangan diri yang ditujukan untuk masyarakat saat ini. Beberapa diantaranya adalah:

Own your life

Kita harus bisa mengontrol hidup kita sendiri. Seringkali kita mencari seseorang untuk memberikan sesuatu kepada kita, atau ketika ada masalah yang terjadi kita lebih sering mencari seseorang untuk disalahkan. Mindset yang harus ditanamkan adalah "Saya membuat kesalahan, ini semua karena saya sendiri." Walaupun kita mengalami hari yang buruk, mungkin teman kerja yang gak asik, jalanan macet, kerjaan juga gak enak. Sebenernya gaada yang buruk, cuman attitude kita aja yang sebenernya buruk terhadap sesuatu.

Kita akan dihadapkan dengan pilihan dan konsekuensinya

Pilihan, apakah pilihan tersebut baik atau buruk? Ketika dihadapkan dengan pilihan, apakah kita akan memilih atau tidak? Ada kemungkinan kalo kita memilih kita akan membuka banyak kesempatan dan kemungkinan yang akan terjadi ke depannya. Contoh nyata dalam video tersebut disampaikan oleh Shi Heng Yi sendiri, "saya bukan speaker (pembicara), mulai dari umur 4 tahun saya sudah melakukan hal-hal seperti ini (kegiatan Shaolin), melakukan kegiatan fisik, membentuk form saya, melakukan hal-hal bagus yang terlihat keren di mata orang. Dan sekarang saya memilih untuk menjadi speaker dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya."

Aktivitas fisik bisa ngelatih ketahanan mental dan memberikan kita wisdom 

Kita adalah master dari diri kita sendiri. Dengan melakukan aktivitas fisik, kita akan merasakan rasa sakit. Apa yang terjadi setelah merasakan rasa sakit? Disini kita akan dihadapkan dua pilihan, kabur dari rasa sakit atau menghadapi rasa sakit. Seperti yang Master Shi Heng Yi bilang "saya tidak peduli seberapa kuat kamu memukul atau seberapa cepat kamu bisa menendang, yang saya pedulikan hanyalah mindset yang kamu miliki." Shaolin akan mengajarkan kita bagaimana cara mengatasi rasa sakit, kita melalui rasa sakit sampai badan dan pikiran kita menjadi kuat.

Untuk selengkapnya bisa ditonton di video ini,

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
108

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait