Pak, Kalo Istri sedang Hamil, Lakukan Ini untuk Jadi Best Supporter

10 Nov 2022

Gimana Pak, rasanya mau jadi calon ayah? Seneng, bingung, deg-degan? Mantap bener ya, Pak?

Istri juga mulai keliatan dikit2 perubahannya. Ya perubahan fisik, ya perubahan mood. Amboi bener. Rasanya pengen bantuin istri, tapi bingung harus ngapain dan mulai darimana? Sama pak, saya dulu juga gitu pas istri baru pertama lahiran.

Namanya hamil pertama, trimester pertama, wajar bener kalo istri Bapak sawan mulu saban waktu. Soalnya emang hamil tuh nguras emosi, fisik, psikis, sampe pikiran. Nah, biar istri Bapak kaga sawan mulu, saya bagi tips nih yang bisa Bapak lakuin:

 

1. Pijat Istri Jika Seharian Aktivitasnya Melelahkan

Gak mesti nunggu istri kecapekan dulu juga sih, Pak. Soalnya emang pasti capek! Coba aja Bapak jajal bawa semangka yang 2-3 Kg seharian penuh. Kaga usah 24 jam, Pak. Coba aja dulu seharian. Rasanya, mantep benerrr...

Sekarang bayangin istri bawa beban begituan tiap hari, sepanjang waktu, selama 9 bulanan, kaga pake ditaro dulu. Haduuuhhh... Pasti capek, Pak. Kaga usah ditanya. Mangkanya, begitu Bapak ada waktu, langsung sat set pijet istri, Pak. Dijamin makin cinta jadinyaaa...

Cara pijitnya begimana? Ya ampun, Pak. Liat aja yutub. Banyak bener tutorialnya. Jan lupa, makin gede usia kehamilan, kudu makin rajin dipijet yak. Soalnya pan bayinya juga makin berat.

 

2. Siapkan Uang Bulanan untuk Membeli Vitamin D dan Kalsium

Makin lama usia kehamilan, ukuran janin juga bakal makin besar. Masuk ke fase minggu ke-12, istri Bapak kudu cukup asupan vitamin D sama kalsium. Jadi, usahain Bapak punya budget buat beli vitamin D sama kalsium ya, Pak.

Dua suplemen ini penting bener buat istri dan anak Bapak. Kalau kebutuhan vitamin D dan kalsiumnya cukup, resiko komplikasi saat kehamilan bisa diminimalisir. Selain itu, resiko berat badan berlebihan, prematur, atau preeklampsia juga bisa dikurangi.

Selain itu, kalsium dan vitamin D juga mencegah kelahiran bayi dengan berat badan rendah dan masalah pernapasan. Tulang dan gigi anak yang cukup kalsium dan vitamin D juga bakalan lebih kuat nantinya.

Gak mesti yang mahal-mahal, yang penting mencukupi kebutuhan harian. Bapak bisa minta rekomendasi juga dari dokter. Tanyain, vitamin apa yang perlu istri Bapak konsumsi buat ngejaga kondisinya dan kondisi kehamilannya. 

 

3. Pantau Perkembangan Bayi dan Istri di Aplikasi

Kemajuan teknologi dan kemudahan informasi sangat membantu Bapak untuk mengetahui perkembangan bayi dan istri selama kehamilan, lho. Bapak bisa unduh dari PlayStore atau AppStore, seperti aplikasi Teman Bumil, Asian Parents, dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Dari sana, Bapak bisa tau harus memperlakukan istri gimana, Pak. Misalnya, istri Bapak di minggu ini emosinya lagi gak stabil, Bapak bisa meditasi biar lebih tenang menghadapi istri.

 

4. Ringankan Urusannya di Rumah

Kalau lagi gak repot urus kerjaan atau bisnis, Bapak bisa ringankan urusan istri di rumah. Kaya' cuci piring, nyapu, atau ngepel. Syukur-syukur urusan rumah bisa didelegasikan ke orang lain, seperti cuci dan gosok bawa ke laundry atau pakai jasa Asisten Rumah Tangga.

 

5. Belajar Parenting sebagai Kesiapan

Selama masa kehamilan, Bapak bisa belajar ilmu parenting melalui buku, webinar, seminar, e-course, atau training agar bisa mendapatkan pemahaman yang utuh. Biasanya kalau hanya mengandalkan apa yang berseliweran di media sosial, Bapak gak dapat pesan utuhnya. Hanya dapat sepotong-potong.

 

Nah gitu, Pak. Jadi best supporter bukan perkara kasih semangat aja. Tapi juga gimana Bapak ngasih bantuan dan membersamai istri selama kehamilan. Dijamin istri Bapak bakal bahagia banget punya suami kaya Bapak. kiw kiw

quote

Jadi best supporter bukan perkara kasih semangat aja. Tapi juga gimana Bapak membersamai istri selama kehamilan

Ditulis oleh:
Runa Aviena
10 Nov 2022
Dilihat :
41

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait