Pak, Tau Maksudnya Peremajaan Mobil Gak?

Bacaan 2 menit

Banyak ternyata warga yang belum paham mobil diremajain tuh kaya gimana. Apa sekedar diservis kaya biasanya? Atau malah diganti mesinnya utuh? Kaga ya, pak. Peremajaan itu konsepnya ngebalikin performa mesin mobil bapak mendekati pas bapak beli baru. Biasanya buat mobil2 yang mulai sepuh atau mobil capek bawaan sehari2, yang udah loyo. Apa aja langkah-langkahnya? Tenang bakal kita jelasin atu2, pak.

1. Bersih-bersih

Apaan aja yang dibersihin? Banyak banget, pak. Mulai dari daki-daki bekas pembakaran didalem mesin, endapan2 karbon di ruang pembakaran, pembersihan saluran pendinginan mesin, pembersihan saluran bahan bakar termasuk injektor, sampai pembersihan lumpur2 oli (sludge), dan transmisi mobil bapak. Biar mobil bapak kaga gampang panas, dan ga cepet aus, walaupun umurnya udah tua dan odometernya udah gondrong.

2. Penggantian

Apa aja nih yang perlu diganti? Mulai dari barang-barang habis pakai macem filter oli, filter bensin, dan filter udara. Biasanya juga dilakukan penggantian part yang udah aus kemakan umur. Misalnya kaya ring piston, metal duduk, dan metal jalan. Nah, pada bagian pengapian juga biasanya ada penggantian, yang paling sering itu diganti businya biar mobil bapak makin ngacir dan bertenaga.

3. Pengencangan

Setelah mobil bapak dibongkar mesin, dibersihin, dan diganti semua yang aus. Pengencangan komponen mesin juga kaga kalah penting, pak. Pengencangan ini kaga boleh asal-asalan. Kalau bisa harus disamain lagi sama spesifikasi pabrik, istilahnya: torsinya harus pas! Kenapa gitu? Biar ga ada resiko timbul getaran, keausan, dan kehilangan kompresi. Makanya, kalau bapak mau peremajaan mobil, harus pinter milih bengkel yang mekaniknya jago bener. 

4. Penambahan

Mobil bapak mesinnya abis dibongkar terus dirakit lagi. Pastinya, cairan2 di dalem mobil jadi banyak kebuang. Perlu banget buat bapak tambahin lagi. Misalnya oli mesin, oli transmisi, oli rem, terus juga air radiatornya. Setelah itu, baru mobil bapak siap diajak tempur lagi.

Ditulis oleh:
Tio Buyung upik
Bacaan 2 menit
Dilihat :
1518

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait