Peluang Kerja di Bidang Kreatif buat Adik-adik yang Demen Nulis

21 Sep 2022

Suka nulis random atau nulis sesuatu di sosmed? Atau nulis jadi salah satu hobi yang dilakuin setiap akhir pekan? Tenang dik, sekarang hobi itu bisa jadi peluang lho. Yak, bener banget nulis sebenernya udah jadi bagian dari kegiatan yang kita lakuin sehari-hari, nggak cuma hobi doang. 

Buat adik-adik yang pengen kerja di bidang kreatif karna suka nulis, nih saya kasih tau bidang kerjaan yang bisa jadi peluang buat nyalurin hobi di bidang profesional.

Copywriter
Jadi dik, copywriter itu salah satu kerjaan yang ngurusin tulisan buat iklan. Selain suka nulis, adik-adik butuh banget tingkat kreativitas tinggi yang out of the box. Kok butuh kreativitas? Karna jadi copywriter kudu bisa bikin iklan menarik dengan kata yang simpel dan singkat, juga enggak gampang dilupain sama yang liat. 

Syarat lainnya kalo adik-adik mau jadi seorang copywriter itu ngikutin tren yang lagi ada di sosmed. Tren ini bisa jadi salah satu ide buat bikin iklan. Atau mungkin adik-adik bisa nyiptain tren sendiri yang bisa viral di sosmed. 

Content Writer
Banyak yang bingung bedanya content writer sama copywriter nih. Jadi gini, kalo copywriter kan di atas udah dijelasin buat nulis sesuatu di iklan. Nah, kalo content writer ini salah satu tugas utamanya bikin artikel panjang atau jadi penulis konten di blog atau situs tertentu. Kalo adik-adik baca artikel ini sekarang, berarti adik-adik lagi baca salah satu tulisan yang dibuat saya sebagai content writer.

Jadi seorang content writer enggak cuma nulis aja, tapi kudu paham sama apa itu SEO (Search Engine Optimization) buat liat perkembangan konten yang adik tulis di Google dkk. Seorang content writer juga mesti punya taste soal visual karna bakal milih visual buat ngedukung artikel biar kagak ngebosenin pas dibaca.

Jurnalis
Adik-adik pernah ngidolain Najwa Shihab, Rosianna Silalahi, Aiman Witjaksono, atau jurnalis internasional kaya Robert Fisk yang udah dapet banyak penghargaan internasional karna tulisan-tulisannya? Adik-adik bisa mulai dari jadi seorang jurnalis atau wartawan yang ngehasilin berita-berita akurat dan tepercaya yang sesuai sama kode etik jurnalistik yang ada di Indonesia.

Apalagi kalo adik-adik suka sama hal yang berbau riset, wawancara, sampe cari tau kejadian-kejadian yang lagi hot buat ditulis dan dijadiin berita yang bisa ngasih informasi paling baru buat masyarakat. Seiring berjalannya waktu, adik bisa nentuin mau fokus jadi jurnalis apa ke depannya.

UI/UX Writer
Pernah enggak dik pas adik buka website trus adik kesel karna website-nya error dan bingung mesti ngapain? Nah, buat mengurangi kebingungan adik tadi itu jadi salah satu tanggung jawab dari seorang UX writer yang bikin user experience atau pengalaman adik sebagai pengguna itu jadi lebih baik. 

Salah satu kemampuan yang adik-adik punya kalo mau jadi seorang UX writer yaitu bikin copy atau kalimat yang simpel dan singkat tapi bisa bikin user-nya ngerti apa itu maksudnya di setiap instruksi atau tombol yang muncul di sebuah website atau aplikasi.

Sosmed Spesialis
Makin kesini, sosmed jadi salah satu tools yang makin dibutuhin perusahaan buat ngelakuin banyak hal mulai dari bikin awareness sampe ngejual langsung produknya. Berarti, makin banyak juga kesempatan yang terbuka buat adik-adik nih. Apalagi kalo emang suka nulis, main sosmed, sampe ngikutin tren di berbagai platform sosial media. 

Skill yang dibutuhin nggak cuma nulis, tapi bisa tau gimana cara ngerancang pesan buat followers sesuai demografi yang ada dan menyesuaikan gaya konten di sosmed yang terbatas teksnya. Makanya jangan kaget kalo ada orang yang setiap hari kerjaannya buka sosmed aja ya, karna itu kerjaannya. 

Kelima peluang di bidang kreatif ini bisa adik-adik seriusin buat jadi karir kedepannya. Apalagi kalo ngeliat perkembangan teknologi yang makin cepet dan banyak perusahaan yang emang butuh orang-orang dengan kemampuan nulis yang ciamik! Semangat buat bikin porto sama latihan buat terus nulis ya, adik-adik!

 

Ditulis oleh:
Nasuha
21 Sep 2022
Dilihat :
35

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait