Pengalaman 10 tahun Pelihara Kucing Dengan Dana Pas-pasan

Bacaan 4 menit

Saya sudah suka kucing dari bocah, cuma dulu orangtua belum kasih pelihara karena ribet dan nanti rumah jadi bau. Alhasil saya pun jadi terobsesi pokoknya nanti kalau sudah mandiri bakal pelihara kucing. Ternyata pas usia dewasa baru ngerti kenapa dulu dilarang, mahaaaal biayanya !

Saya putar otak gimana caranya bisa tetap pelihara kucing tapi tetap bisa hemat, dimulai dari rescue kucing jalanan, ga perlu kucing ras karena kucing apapun tetap lucu kan.

Ini tips-tipsnya :

Beli cat dryfood repack dan buat sendiri wetfood.

Berdasarkan pengalaman, kucing jangan selalu diberi dryfood saja harus dikombinasikan dengan wetfood selain gunanya bisa menghindari penyakit susah pipis (kalau diberi dryfood saja) juga untuk menghindari sakit karang gigi (kalau diberi wetfood saja). Jadi brand2 terkenal yang nutrisinya bagus buat kucing, direpack ulang dengan ukuran lebih kecil dari ukuran yang sebenarnya sama si petshop supaya lebih terjangkau. Lebih murah lagi kalau di e-commerce, suka ada free ongkir tuh, mantap.

Untuk wetfood dari pada beli bisa buat sendiri, referensi bisa lihat tutorial di Youtube, cuma sebaiknya untuk vitamin jangan langsung dicampur ketika lagi dimasak mendingan baru dicampur pas mau dikasih gitu.Tempat makan kucing juga sebaiknya di e-commerce, cari yang bahan stainless steel supaya lebih awet. Untuk minum sebaiknya air matang biar ga gampang sakit.

Beli Litter Box (tempat BAB)

Kalau ini beli aja diwarung yang khusus jual perabotan plastik, disana banyak pilihan dan ukuran. Saran dari saya sih mendingan beli yang ukurannya paling besar sekalian jadi pasirnya juga ga berserakkan puyeng bersihinnya dan awet bisa dipakai sampai si kucing besar (ini kalau peliharanya dari kitten).

Untuk pasirnya, beli sekalian sekarung besar. Supaya lebih hemat cari pasir bentonite alias pasir gumpal, pasir ini menggumpal setelah mereka buang hajat pipis atau BAB. Setelah sudah diangkat yang menggumpal pakai masker lumayan parah baunya hehehe.. tinggal dijemur sampai kering supaya bisa digunakan lagi, kalau mau dicuci pasirnya lebih bagus lagi bisa menjaga kucing tetap terjaga kesehatannya.

Kandang

Saya pribadi lebih membebaskan kucing saya ga harus didalam kandang, cuma kandang wajib ada nih diperlukan juga kalau mereka lagi sakit harus istirahat dan juga sehabis mandi. Bisa dibeli ditempat makanan burung atau petshop yang menjual keperluan peliharaan dengan harga grosir. Dijamin harga lebih muraaah..

Pet Cargo

Ini penting terutama kalau mau bawa kedokter, ya kali digendong saja hehehe… Tadinya saya sempat mau beli pet cargo benaran eh harganya lumayan sekitar 200-400an, mikir gimana ini.. sampai akhirnya saya melihat salahsatu tetangga yang kebetulan pelihara kucing juga dia membawa si kucing didalam keranjang belanja iya ga salah baca KERANJANG belanja namanya keranjang RIO.

Bisa dibeli dipasar toko plastik ya.. lebih murah dibanding beli dipet shop.

Grooming

Saya sudah membiasakan mereka untuk dimandikan dari usia kitten supaya kedepannya jadi ga takut sama air. Kucing dimandikan ga usah sering-sering cukup 2 minggu sekali, untuk menghindari kutunya semakin banyak. Kucing semi-outdoor (ga selalu dididalam rumah, boleh main keluar) kutunya lumayan makanya mereka rutin di grooming.

Tipsnya suhu air harus hangat, dengan shampoo khusus kucing (cari saja yang terjangkau), selama dimandikan diajak ngomong jadi lebih tenang (kalau ga kaya REOG, Asli) karena mendengar suara kita, jangan terlalu lama dan buruan keringkan dengan handuk. Habis itu langsung ditaruh dikandang dijemur dibawah sinar matahari sampai 80% kering kalau sudah sementara ditaruh dalam rumah dulu.

Mainan

Konon katanya supaya mereka ga stress wajib diajak main. Ajak main kalau mukanya sudah pada Bete, percaya deh nanti juga bisa lihat sendiri. Ga ribet harus beli mainan mahaaaal, buat saja sendiri contohnya nih ya tisu yang dibulatin dengan karet trus dilempar gitu, sehelai sapu lidi digoyang2n, tongkat apapun di ikatkan tali rafia, dan lain2 banyak banget deh kalau dilihat di youtube.

Kucing sakit

Supaya terhindar dari sakit, saya terbiasa memberi vitamin dan obat cacing secara rutin sebulan sekali. Dan wajib vaksin juga, wah kalau vaksin ga hemat donk.. eits jangan salah, saya selama ini selalu dapat vaksin gratis lho.

Caranya ya rajin-rajin cari info via komunitas kucing ataupun follow beberapa IG RS Hewan atau Petshop suka ada program vaksin gratis. Tapi kalau ternyata mereka sakit juga untuk pertolongan pertama saya selalu kasih kelapa ijo dan sejauh ini cukup berhasil sembari menunggu jadwal dokter hewan praktek.

Oh ya terakhir nih saya ada pengalaman cari dokter hewan yang murah, disekitaran Depok (kebetulan saya warga Depok). Waktu itu Tahun 2017, disaat kantong lagi ga mendukung salah satu kucing saya sakit cari solusi gimana caranya cari tempat berobat yang murmer tapi berkualitas jd biar sembuh si kucing tadi. Mulai sibuk cari di mbah Google, dapat beberapa rekomendasi sih cuma masih kurang puas karena biayanya masih kurang cocok dikantong saya.

Lagi asik browsing eh mata melihat salah satu artikel diportal berita tentang Puskeswan, ternyata Puskeswan itu sama dengan Puskesmas, yang berbeda Cuma yang dilayaninnya disana khusus hewan apa saja bukan orang ya. Dan yang paling utama puskewan itu GRATIS. Syaratnya cukup KTP Depok dan wajib ikutin prosedurnya, bisa dilihat dari IG nya ya di Puskeswankotadepok. Setahu saya selain di Depok diwilayah lain juga ada deh cuma beda-beda kebijakannya.

Ok sekarang jangan pernah takut lagi ya kalau mau pelihara kucing dengan kantong pas-pasan, selamat mencobaaaa.

Ditulis oleh:
iFaQu
Bacaan 4 menit
Dilihat :
151

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait