Pengeluaran-pengeluaran Dadakan Yang Kudu Bapak Perhatiin

Bacaan 2 menit

Ngomongin soal duit, pasti ada aja momen dimana kita tiba-tiba harus keluar duit. Misalnya ketika ban mobil bapak bocor, udah pasti tuh keluar duit. Itulah kenapa bapak sebaiknya menyisihkan uang untuk dana darurat. Kalo bisa disisihin di awal, pak. Jangan nunggu duit sisa gajian. Karena banyak banget pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya mendadak. Beberapa pengeluaran yang pasti menggunakan dana darurat bapak adalah sebagai berikut,

Ngamplopin / Ngadoin temen yang menikah atau melahirkan dan santunan duka

Ketika ada temen bapak yang nikahan pasti bapak akan mengeluarkan biaya entah itu untuk ngamplopin temen bapak atau ngasih kado ke temen bapak. Sama halnya ketika temen deket bapak lahiran, pasti bakal keluar biaya juga. Hal-hal ini bisa terjadi kapan aja, makanya bapak harus siap dengan dana darurat yang bapak punya. Santunan duka juga masuk ke pos ini karena sifatnya sama, bisa terjadi kapan aja dan menimpa siapa aja.

Ngebetulin alat rumah tangga yang rusak

Alat rumah tangga yang ada di rumah bapak juga ada umurnya, pak. Kalo tiba-tiba rusak bisa bikin puyeng, apalagi alat yang dipake sehari-hari macem kompor, mesin cuci, dispenser air minum dan lain-lain. Kalo rusaknya masih minor, bapak bakal ngeluarin biaya buat servis. Beda cerita kalo alatnya bener-bener gak bisa kepake, bapak mesti keluarin biaya buat beli alat yang baru.

Biaya dokter dan berobat

Namanya sakit bisa terjadi secara mendadak dan gak ada yang tau datengnya kapan.Ketika bapak sakit, bapak juga bakal mengeluarkan biaya yang cukup gede. Apalagi kalo bapak sakit yang parah dan harus dirawat. Selain biaya untuk dokter, bapak juga bakal ngeluarin biaya untuk obat yang diresepkan ke bapak. Untuk yang ini masih bisa dicover sama BPJS kesehatan, tapi biasanya gak semuanya bakal kecover. Jadi bapak kudu punya dana darurat yang cukup, biar kaga amsyong. Tapi akan lebih bagus kalo bapak olahraga dan ngejaga makan yang sehat, pak. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Servis gadget dan kendaraan yang tiba-tiba rusak

Gadget yang sehari-hari bapak pake juga bisa tiba-tiba rusak, etapi ini tergantung gimana bapak makenya sih. Ketika tiba-tiba rusak bapak harus siap mengeluarkan biaya buat servis, karena gadget ini sangat krusial dalam hidup bapak. Gadget disini macem handphone, laptop dan tab yang biasanya dipake buat kerja, komunikasi sama istri dan keluarga, hiburan, dan banyak lagi.  Kendaraan juga treatmentnya sama, pak. BIsa jadi tiba-tiba motor atau mobil bapak rewel dan mesti ngeluarin biaya buat servis. Dan kalo udah parah bisa sampe ganti sparepart yang kadang biayanya lumayan gede.

Kebutuhan keluarga terdekat

Keluarga terdekat disini maksudnya adalah keluarga inti bapak. Karena kalo keluarga bapak dan istri saya yakin bapak udah pos-pos pengeluarannya. Kayak tiba-tiba orang tua bapak jatuh sakit dan mesti dirawat, atau adik kandung bapak baru mau masuk kuliah dan posisi orang tua bapak udah pensiun. Banyak skenario yang bisa terjadi di poin ini, pak. Jadi kudu bapak siapin banget dana daruratnya. Karena gak ada lagi yang bakal selalu ada buat kita selain keluarga.

Pengeluaran-pengeluaran ini jangan disepelein pak, karena bisa bikin bapak boncos. Kira-kira itu beberapa pengeluaran yang pasti menggunakan dana darurat bapak. Sekali lagi saya ingetin pak, ini bisa terjadi kapan aja dan sifatnya pasti mendadak, jadi bapak musti siap dengan dana darurat yang bapak punya.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
46

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait