Penyakit-Penyakit yang Jadi Langganan Pas Musim Pancaroba dan Cara Antisipasinya

Bacaan 2 menit

Kalo ngeliat cuaca sekarang ini makin gak jelas ya, harusnya udah masuk musim ujan eh malah masih musim kemarau. Yang harusnya masuk musim kemarau eh malah masih musim hujan. Apalagi kalo siangnya terik menyengat, sorenya ujan lebat. Ini perlu diwaspadai soalnya bisa jadi ladang penyakit berkembang di badan.

Flu dan ISPA

Penyakit satu ini paling umum dialami orang-orang pas musim pancaroba kayak gini. Pasti sering banget liat orang di bis, krl, atau angkot orang-orangnya kompak kena flu, nah ini bukan karena emang janjian tapi emang penyakit musiman yang dibawa pas lagi musim pancaroba. Biasanya pas musim peralihan, sistem kekebalan tubuh gak berfungsi dengan baik jadi malah bikin penyempitan dan pembengkakan saluran pernapasan. Buat ngehindarinnya, kita perlu jaga kebersihan tangan, istirahat yang cukup, juga konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak cairan.

Asma

Buat yang punya riwayat penyakit asma bakal lebih rentan kambuh, soalnya di musim sekarang ini serbuk sari dan debu yang bertebaran bakal memicu kambuhnya asma. Biar bisa menghindarinya, bisa pake masker pas keluar rumah supaya gak menghirup partikel-partikel yang bisa memicu asma kambuh.

Diare

Suka perhatiin gak kalo lagi musim pancaroba begini banyak banget yang kena diare. Nah diare ini muncul karena makanan yang sering kita konsumsi seperti makanan di pinggir jalan atau makanan di gerobak yang udah terkontaminasi sama virus dan bakteri yang dibawa sama angin. Jadi sebenernya makanan yang kita makan tersebut udah gak steril. Makanya mending hindari makanan yang berpotensi kena virus dan bakteri di jalanan, selain itu jaga kebersihan diri sendiri juga soalnya kebersihan diri sendiri juga gak kalah penting.

Lebih baik cegah dari pada mengobati, soalnya kalo udah kena penyakit-penyakit ini mau aktivitas apa pun jadi keganggu. Gak mau kan kerjaan jadi numpuk gara-gara penyakit-penyakit tadi.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
318

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait