Peran Pemain Sepakbola yang Bapak Kagak Familiar

21 Nov 2022

Bapak-bapak pasti udah sering liat bola di TV. Biarpun enggak main, pasti udah tau beberapa posisi di bola kayak kiper, bek, gelandang atau penyerang. Tapi bapak tau kagak kalo ada peran-peran yang khusus, terus punya sebutan di negara masing-masing. Nih pak saya kasih tauin beberapa contoh yang mungkin enggak familiar di kuping bapak.


Mezzala. Peran yang satu ini asalnya dari Italia. Biasanya Mezzala ada di posisi gelandang kalo sebuah tim main dengan 3 gelandang. Kalo yang tengah biasanya pivot atau jangkar, gelandang yang ada di samping dan suka maju sambil bergerak ke sayap itu namanya mezzala pak. Kurang lebih mirip peran box-to-box, tapi sedikit lebih ofensif dan lebih melebar. Salah satu pemain yang sering dan bisa jadi contoh buat peran ini adalah Luka Modric atau Paul Pogba pak. 


Regista. Masih dari Italia, kali ini nama perannya adalah Regista. Regista itu berasal dari kata Italia yang berarti sutradara. Jadi, bisa dibilang peran ini adalah posisi pemain yang mengatur tempo permainan dan bisa dibilang sebagai playmaker. Pada peran Regista, seorang pemain kudu bisa lepas dari tekanan dan harus bisa kasih passing vertikal yang bisa bantu bongkar pertahanan lawan. Salah satu pemain yang terkenal dengan peran ini adalah Andrea Pirlo.


Raumdeuter. Abis dari Italia, kali ini kita pindah ke Jerman ya pak. Raumdeuter adalah sebuah peran yang artinya penafsir ruang. Biasanya posisi itu adanya di belakang striker. Tugasnya buat nyari ruang kosong sama eksploitasi ruang itu biar mereka enggak punya zona tetap kecuali di sepertiga akhir lapangan. Pemain yang paling sesuai sama peran ini adalah pemain yang juga bikin istilah itu buat dirinya, kayak si Thomas Muller.


Enganche. Kata ini asalnya dari Bahasa Spanyol yang artinya penyambung pak. Jadi, Enganche itu perannya ngehubungin gelandang sama penyerang. Bisa dibilang ini jadi sebutan buat pemain no 10 murni. Kata ini awalnya dikasih buat salah satu enganche dan pemain terbaik sepanjang masa, Diego Maradona. Peran ini perlu kreativitas yang tinggi sama akurasi umpan yang luar biasa. Tapi, dia perlu jeda buat nerjemahin visinya. Hal ini  yang bikin peran ini pelan-pelan menghilang seiring permainan sepakbola yang dimainkan dengan tekanan tinggi. Salah satu pemain yang lekat sama peran ini adalah Mesut Ozil.


Sebenernya mah pak, masih banyak peran yang dipunya sama pemain sepakbola dibanding sekedar posisi inti. Kemajuan masa juga bikin sepakbola makin berkembang. Makanya, enggak heran deh kalo posisi sepakbola yang sekarang tuh enggak gitu-gitu aja.

 

Ditulis oleh:
Tiffon
21 Nov 2022
Dilihat :
24

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait