Hal yang Suka Dianggap Remeh tapi Ternyata Penting Banget Pas Istri Lahiran

29 Sep 2022

Kayaknya udah banyak banget yang bikin artikel beginian nih. Bermanfaat emang tapi beberapa ada yang kurang soalnya kagak sesuai dengan realita. Apalagi kalo istri lahiran tuh heboh gitu rasanya. Hebohnya kagak cuma di badan tapi juga di pikiran. 

Jadi saya mau cerita pengalaman saya nih. Ini tuh persiapan-persiapan receh yang suka dianggap remeh sama bapak-bapak sekalian. Padahal ya remehnya ini penting banget dan beneran bisa ngebantu lancarnya proses lahiran dan pemulihannya istri. Catet ya pak…

  1. Tidur Cukup. Emang terlihat receh ya yang satu ini pak, tapi yang sering kejadian itu pas istri lagi proses pembukaan, bapak malah tidur. Atau pas istri baru kelar lahiran, bapak tidur. Padahal justru kedua waktu itu momen yang penting, pak. Kalo ada apa-apa di kedua waktu ini, bisa bahaya juga kan.  Jadi bapak kudu standby ngawasin. Masa pas istri lagi lemes-lemesnya dan butuh bantuan, eh, bapak tidur. Persiapan sederhananya sih pas istri udah mulai masuk minggu minggu lahiran, bapak sempetin tidur cukup. Soalnya meskipun laki tuh kuat begadang soal kerjaan, tapi pas nemenin istri lahiran tuh gak tau deh tiba-tiba jadi ngantukan. Ada aja yang bikin ngantuk dan capek. Jadi bapak kudu persiapan juga buat nemenin istri lahiran dengan minimal tidur yang cukup, pak.
  2. Minyak Angin. Saran saya kalo bapak mau beli minyak angin buat mijitin istri yang abis lahiran, jangan pilih yang panas, pak. Minyak angin buat mijit setelah lahiran sama buat bapak pegel linu tuh beda. Sebisa mungkin bikin istri nyaman dengan pilihan minyak angin yang hangat dan wanginya ga ganggu, pak. Pilih minyak angin yang murni buat mijet tanpa ada rasa panas kayak minyak cap tawon atau minyak kutus-kutus. Gunanya buat apa sih minyak angin? Buat kaki istri, pak. Kaki ibu hamil tuh kan bengkak ya, terus pasti berat banget rasanya badan. Jadi bisa dibantu pake minyak angin buat pijetin kakinya dan buat ngurangin bengkak. Terus ya kan enak juga dipijet gitu kan, jadi nyaman terus bisa bikin lancar ASI juga.
  3. Pembalut Celana. Daripada pembalut nifas, pembalut celana nih lebih enak buat dipake istri, pak. Bahkan kayaknya juga lebih oke pake pampers dewasa deh. Karena ukurannya lebih besar dan menampung lebih banyak. Jadi istri bapak kagak perlu bolak-balik ngatur posisi badan biar kagak bocor. Susah soalnya apalagi kalo abis lahiran caesar.  Kalo pake pembalut nifas tuh kadang masih ada aja bocornya, yang bikin istri bapak kagak nyaman.
  4. Stok Minuman Ion. Ini juga kadang kelewatan. Kudu banyak minum biar kagak dehidrasi. Selain nyetok air mineral, bapak kudu nyetok minuman ion juga. Soalnya air mineral tuh bikin sering buang air kecil. Istri bapak yang abis lahiran tuh jalannya susah, pak. Kalo bolak-balik ke kamar mandi kasihan juga. Apalagi kalo abis lahiran normal, mereka jadi agak susah nahan pipis.
  5. Cari tau tentang APGAR Score. Sebenernya yang bisa ngasih APGAR score itu dokter spesialis anak yang meriksa kondisi anak baru lahir. Tapi bapak juga dikit-dikit belajar biar ngerti ini dokternya ngomong apa. APGAR score tuh nilai yang mendefinisikan apakah bayi dalam kondisi normal atau enggak. Tesnya cuma dokter ya pak yang bisa ngelakuin, bapak jangan ngide aneh aneh ngetes sendiri. Soalnya isinya tes APGAR ini tes buat pernapasan bayi, kekuatan otot, warna kulit, refleks, dll. Nanti hasilnya disimpulkan jadi APGAR score. Jadi nanti kalo anak bapak yang baru lahir dibolak-balik sama dokternya atau dicek badannya bapak jangan panik duluan, soalnya itu bagian dari pemeriksaan. Yang bapak kudu tahu, APGAR score yang normal itu 7 sampai 10 pak. Kalau kurang dari itu bapak kudu waspada. Terus APGAR score nya kudu diinget-inget ya, pak. Soalnya nilai ini bakal ditanyain terus sama tenaga medis kalo aja ntar anak ada keterlambatan perkembangan atau sakit yang parah.

Itu sih tips receh dari saya. Dulu saya lupa APGAR score anak saya berapa, jadi rada nyesel juga. Bapak-bapak kudu inget ya tips receh di atas biar proses lahiran istri bisa lancar dan keadaan aman.

 

Ditulis oleh:
Girly
29 Sep 2022
Dilihat :
52

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait