Pertanyaan yang Wajib Bapak Tanyain ke Diri Sendiri Sebelum Mulai Usaha

10 Oct 2022

Kelihatannya enak banget ya jadi pengusaha tuh. Duitnya banyak, jam kerja fleksibel, terus bisa kerja kapan aja, kelihatannya sih enak ya. Terus juga kayanya jadi pengusaha tuh ada aja peluangnya. Jadi makin menggoda buat bikin usaha sendiri, apalagi kalo ide usaha udah banyak benget di kepala. Tinggal eksekusi aja nih.


Eits… jangan dilihat enaknya aja ya pak. Pengusaha juga ada susahnya juga. Coba deh bapak tanyain pertanyaan ini ke diri sendiri sebelum bapak mulai usaha:

1. Ada Modalnya Enggak?

Hayooo modalnya ada enggak, pak? Kalo ngitung modal buat usaha tuh ada rumus hitungannya sendiri loh pak. Ngitung modal gini masuk ke perencanaan usaha. Dan kudu bener-bener detail. Paling enggak hitungannya kudu bisa dipake usaha bertahan sampe 3 tahun ke depan. Biar ga megap-megap dan gali lobang tutup lobang. Terus modal tuh gak cuma seputar uang. Modal kreativitas, profesionalisme, bahkan kepribadian bapak juga bisa disebut modal membangun usaha. Hayooo punya gak modalnya?

Jadi kalo mau mulai usaha, bapak kagak bisa pake uang seadanya yang cuma bisa dipake buat operasional sebulan. Kudu lebih dari itu perencanaannya. Tujuannya apa? Ya biar pas usahanya jalan bapak enggak kehabisan modal. Kan kagak lucu juga ya kalo bapak mulai usaha jualan cilok, tapi di tengah jalan bapak kehabisan modal dan enggak bisa beli tepung aci.

2. Siap Enggak Digaji Ala Kadarnya?

Nah ini.. Saya tuh heran kalo liat anak muda (ciyaelah udah tua saya) mikir kalo jadi pengusaha tuh gajinya banyak. Ke mana-mana pake baju branded, naik mobil mewah, bisa ke luar negeri. Padahal itu bisa jadi fasilitas kantor loh. Jadi bukan milik pribadi,  tapi aset usahanya. Pengusaha tuh baru bisa dikatakan gajinya gede kalo usahanya udah sekelas CT atau Salim Group. Kalo masih startup atau kelas menengah ya megap-megap juga, pak. Apalagi kalo skala usahanya masih kecil, boro-boro baju branded pak, bajunya kaos dari goodie bag sponsor.

3. Siap Enggak buat Bersusah-Susah Bangun Usahanya?

Kalo ditanya kayak gini, pasti pada bilang ‘siap’. Tapi ntar pas ngerasain aslinya bangun usaha tuh sampe jungkir balik sambil koprol mulai goyah sama jawabannya. Enggak ada usaha dibangun dengan cara yang mudah. Capek banget pak mulai usaha dari nol tuh. Kudu mikir A-Z sendiri, kudu ngerjain 1-100 sendiri, terus jadi pengusaha tuh beneran kudu belajar tiap hari. Jadi kurang tidur, kurang makan, kurang ngobrol sama keluarga, semuanya tersita buat bangun usaha. Jadi kalo bapak emang beneran siap, siapnya jangan di awal aja ya pak.

4. Siap Enggak Ngabisin Waktu buat Mikir?

Yang kudu bapak ketahui juga, kalo bapak mulai usaha sebagian besar waktu bapak pasti bakalan habis buat mikirin usaha. Mikirin rencana ke depan, mikirin yang belum dikerjain, mikirin yang kudu dikerjain, mikirin apa yang kudu dikerjain, tapi ternyata belum dikerjain. Ada aja lah pokoknya. 

5. Siap Rugi Enggak?

Pertanyaan paling penting, bapak siap rugi? Kalo rugi kecil sih oke ya. Tapi kalo ruginya gede, siap kagak pak? Apalagi kalo mulai usahanya ambil dana pinjaman dari bank. Adududuh pusing tuh mikir ruginya sama mikirin utangnya. 

Coba ditanyakan bener-bener pertanyaan di atas ke diri sendiri sebelum mulai usaha pak. Kalo emang setelah meruntut pertanyaan tersebut dan bapak punya solusi buat masing-masing pertanyaan, ya oke silakan lanjut mulai usaha. Pokoknya mau mulai usaha tuh kuncinya jalanin pak. Mau setinggi apapun gunungnya tapi kalo ga mulai ngambil langkah buat manjat ya kagak sampe-sampe di puncak.

 

Ditulis oleh:
Girly
10 Oct 2022
Dilihat :
60

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait