Plus Minus Hidup Minimalis

Bacaan 3 menit

Setiap keputusan pasti ada plus dan minusnya. Sama kayak pilihan hidup minimalis, tentunya ada banyak plus dan minus yang bisa dirasain. Ini saya rangkum beberapa plus dan minus hidup minimalis yang sering dialamin:

Plus: 

  1. Hemat 
    Hidup minimalis bikin pengeluaran lebih hemat. Soalnya konsep hidup minimalis tuh kan punya barang seperlunya dan kalo mau beli apa-apa juga yang diperlukan aja. Jadi bisa menghemat pengeluaran. Enggak gampang laper mata dan iseng beli barang-barang yang ga dibutuhin.

  2. Pikiran jadi Tenang
    Pikiran jadi lebih tenang dan damai rasanya pak. Ketika mencoba untuk memulai hidup minimalis sih, awalnya berat ya. Tapi makin lama ya makin terbiasa gitu sama gaya hidup begini. Yang paling berasa bikin pikiran damai tuh, menyinggung trend FOMO alias Fear of Missing Out. Kalo dulu setiap ada apa yang baru, selalu ikutan nyobain biar up to date, lama-lama capek juga rasanya ngikutin yang baru-baru mulu, tapi kita sendiri ga terlalu seneng sama hal itu. 

    Makanya punya prinsip hidup minimalis itu beneran bikin tenang pikiran saya. Soalnya udah enggak khawatir sama hal-hal atau sesuatu yang baru dan sedan trend. Paling ya, cuma dilihat doang dan sekedar tau aja. Ini ngebuat kita jadi lebih tenang dan bisa fokus sama hal lain yang lebih penting.

  3. Bagus buat Lingkungan
    Dengan punya gaya hidup minimalis, secara enggak langsung bapak juga membantu menyelamatkan lingkungan loh pak. Caranya gimana? Ya dengan mengurangi sampah yang dibuang setiap harinya dan mengurangi emisi karbon dalam aktivitas sehari-hari.

    Contoh sederhana dalam waktu sehari-hari gini deh pak: ketika bapak hidupnya boros buat beli es kopi melulu, tentunya akan lebih banyak sampah yang dihasilkan dari plastik bekas kopi, sachet kopi yang sudah di brew buat kopi yang bapak beli, bikin es batunya juga pake kulkas yang menambah emisi karbon ke bumi, perjalanan ke kedai kopinya juga buang emisi karbon pas naik kendaraan. Bandingkan dengan enggak beli kopi sama sekali atau bapak kemana-mana bawa minum sendiri. Pastinya jauh perbedaannya kalo diruntut kayak gini. Belum lagi permasalahan kesehatan yang mungkin muncul karena boros minum kopi melulu. Dan masih banyak loh pak contoh kecil di kehidupan sehari-hari yang mungkin enggak kerasa tapi dampaknya buat lingkungan tuh luar biasa.

Minus: 

  1. Sering Diremehin Soalnya Enggak Ngikut Tren
    Ini salah satu alasan sepele yang sering jadi minus punya hidup minimalis. Terutama di era yang apa-apa serba up to date dan era yang apa-apa serba flexing begini, pasti berat kalo pake prinsip minimalis. Makin berat lagi kalo lingkungan kerja bapak merupakan kalangan high end yang terkadang mementingkan penampilan. Jadi kemungkinan besar bapak akan diremehin kalo enggak up to date sama hal-hal yang baru.

  2. Dikira Enggak Punya Duit
    Alasan sepele lain yang sering saya rasain juga sering dikira enggak punya duit. Mungkin karena sering lihat pake baju yang gitu-gitu aja, gadget yang usianya udah 3 tahun, dan jarang banget jajan alias ke kantor bawa bekal jadinya sering dikira kagak punya duit. Tapi yang kaya gini ada enaknya sih, enaknya jadi enggak ada yang berani minjem duit ke saya hehehe.

  3. Enggak Semua Orang Bisa Hidup Kayak Gini
    Hidup minimalis itu berat di awal sebenernya, apalagi buat orang-orang yang hobinya hoarding atau hobi menimbun barang meskipun udah jarang dipake. Enggak semua orang bisa hidup minimalis. Makanya kalo bapak mau mencoba hidup minimalis, nyobanya pelan-pelan dulu pak. Berproses mulai dari mengurangi konsumsi barang yang sifatnya tersier.

    Mulai beli barang-barang yang sekiranya memang diperlukan dan membuang atau mendonasikan barang yang sudah lama tidak dipakai, tapi yang masih layak pakai ya pak. Pelan-pelan aja pak, biar bapak enggak kaget juga.

Sama yang perlu bapak inget kalo mau nyoba gaya hidup minimalis, enggak usah maksa pak. Minimalis emang baik, tapi jangan berlebihan juga minimalisnya. Jatuhnya malah pelit, pak.

Ditulis oleh:
Girly
Bacaan 3 menit
Dilihat :
234

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait