Profesi-Profesi Selain Pelatih dan Pemain di Tim Sepakbola

Bacaan 2 menit

Sepakbola adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Tiap weekend pasti ada aja tayangan bola di TV. Nah, tapi ternyata di sepakbola ada profesi yang enggak kalah penting buat ngebantu pelatih dan pemain di lapangan. Nih pak, beberapa profesi yang mungkin bapak belom tau.


Dokter Tim. Tim sepakbola juga punya dokternya sendiri, tapi dokternya bukan cuma ngurusin kalo pemain demam sama pilek. Itumah dokter klinik deket rumah bapak. Selain ngurusin pemain kalo cedera di lapangan, dokter tim juga bantu nentuin jangka pemain harus absen gara-gara cidera terus ngasih tau gimana cara perawatannya. Temasuk juga kalo pemain menderita sakit selain cedera yang dialamin di lapangan kayak penyakit jantung atau tumor. Baru setelah itu nanti didiskusiin deh tuh sama pemain dan manajemen. Oh iya pak, biasanya dokter tim juga bantu ngurusin medis pemain yang baru ditransfer masuk. 


Fisioterapis. Nah kalo fisioterapis biasanya tugasnya lebih spesifik lagi, pak. Pemain bola kan sering banget tuh yang namanya cedera otot atau tulang. Nah, selain bantu program rehabilitasi mereka pas lagi cedera, tim fisioterapis ini juga biasanya bantu nentuin program yang mesti dilewati pemain saat itu. Fisioterapis punya tanggung jawab buat ngebantu pemulihan cedera biar pemain enggak ngalamin cedera yang sama berulang kali.


Pelatih Kebugaran. Kalo dari namanya, udah jelas ya pak kalo tugas pelatih kebugaran buat membantu pemain menjaga kebugaran. Eh tapi ternyata pak, eggak cuma sekedar itu aja. Pelatih kebugaran punya tugas supaya tiap pemain bisa main dengan kemampuan fisik mereka semaksimal mungkin. Terus, pelatih kebugaran juga berperan besar supaya kemampuan fisik para pemain bisa sesuai dengan gaya bermain yang dianut sama pelatih tertentu. Misalnya, pelatih minta pemain bermain dengan pressing tinggi. Nah, pelatih kebugaran perannya buat ngebantu si pemain-pemain itu biar bisa punya stamina yang bagus supaya tercapai deh tuh taktik permainan yang pengen dilakuin. 


Kitman. Para pemain sepakbola pastinya kan punya jersey, celana sampe sepatu masing-masing. Nah biasanya yang ngurus ini namanya kit man atau kit manager pak. Mereka tugasnya mengatur semua perlengkapan itu tersedia bagi pemain, apalagi pas mau ada pertandingan. Soalnya nih masalah sepatu tuh bisa dibilang krusial bener. Ngomongin profesi kitman ini, ada salah satu yang terkenal banget pak. Namanya Albert Morgan yang sempet jadi Kitman Manchester United selama 20 tahun sebelum pensiun di tahun 2013 silam. 


Sebenernya masih banyak banget pekerjaan yang ada di dunia sepakbola maupun olahraga pak. Tapi pekerjaan di atas ini adalah beberapa pekerjaan yang ngebantu para atlet, jadi kerjaannya juga bukan kerjaan yang gampang pak.

Ditulis oleh:
Tiffon
Bacaan 2 menit
Dilihat :
344

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait