Prompt-Prompt ChatGPT Yang Bisa Bapak Pakai Biar Jawabannya Lebih Mantep

Bacaan 2 menit

Di era yang teknologinya berkembang sangat pesat. ChatGPT merupakan salah satu teknologi yang sangat membantu memudahkan pekerjaan kita. Untuk menggunakan ChatGPT, bapak harus bisa ngasih prompt yang tepat. Prompt adalah pertanyaan atau perintah yang berisi instruksi yang ditujukan ke aplikasi ChatGPT untuk memberikan output sesuai dengan apa yang diinginkan user. Biar bapak dapet jawaban yang mantep ini saya kasih tau beberapa prompt ChatGPT yang bisa bikin jawaban lebih akurat. 

"Explain it like i'm 5."

Misalkan bapak nanya ke ChatGPT "apa itu velositas uang?". Si ChatGPT pasti jawabannya mirip profesor yang jawabnya textbook banget, ampe kadang bapak kagak ngerti maksudnya apa (karena banyak istilah yang baku banget). Kalo bapak pake prompt ini bapak bisa minta jawaban yang lebih mudah dimengerti dari si ChatGPT. Bapak bakal dikasih jawaban layaknya anak umur 5 taun. Nanti dia bakal jelasin pake analogi yang anak 5 taun pun bisa ngerti.

"I want you to act like (masukan profesi)"

Prompt ini bikin si ChatGPT seolah-olah dia seseorang yang mempunyai profesi. Misalkan bapak mau nyari tau kira-kira apa aja yang musti dicek kalo bapak mau servis ringan mobil bapak, bapak bisa input command "I want you to act like a mechanic, what should i do if i want to service my car?".Nanti si ChatGPT bakal ngasih jawaban seolah-olah dia abang bengkelnya. Bapak bisa pake prompt ini dengan masukin profesi yang lain.

Minta Deskripsi dari Pertanyaan yang diajukan

Jadi biar lebih optimal, bapak mesti minta ChatGPT buat deskripsiin pertanyaan yang diajukan. Kagak bisa diminta buat dijelasin semuanya. Contohnya, daripada bapak ngasih pertanyaan: "Apa itu tata surya? Tolong Jelasin semuanya". Lebih bagus kalo bapak minta deskripsi : "Deskripsikan tata surya". Nanti jawabannya akan lebih jelas dan mantep, pak.

Memberikan Perintah Kerja

Bapak juga bisa ngasih command perintah kerja yang biar bapak dapet jawaban yang tepat dan akurat. Beberapa contoh prompt perintah kerja adalah,

  • Create
  • Generate
  • Write
  • Solve

Contoh : Command Create, "Tolong bikin email reminder buat meeting tanggal 29 Mei".

Ngasih Instruksi Tambahan

Bapak juga bisa nambahin instruksi tambahan setelah pertanyaan yang bapak mau tanyain. Tinggal bapak tambahin aja prompt dengan format seperti ini,

Pertanyaan + Instruksi tambahan : (isi dari instruksi tambahan).

Contoh : Sebutkan 10 makanan paling populer di Indonesia. Instruksi tambahan : berikan rating 1 - 5 berdasarkan harga makanan tersebut. 1 = Paling murah. 5 = paling mahal.

Itulah beberapa prompt ChatGPT yang bisa bikin jawaban lebih akurat. Tapi walaupun prompt di atas membantu, bapak juga harus bisa mengajukan pertanyaan yang tepat, biar outputnya jelas.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
103

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait