Rekomendasi Buku Parenting buat Bapak Baca Bareng Istri

Bacaan 2 menit

Berasa ya pak, kalo udah punya anak tiap hari orang tua harus mau terus belajar. Apalagi anak ini perlu dibimbing dan diajarkan supaya bisa tumbuh dengan baik. Nah beberapa rekomendasi buku parenting berikut bisa bapak baca bareng istri kalo lagi senggang. Sambil diskusi kecil aja, pak.

Every Child is Special

Buku ini ngejelasin soal kebutuhan tiap anak yang beda-beda. Ada beberapa teknik dari buku ini yang saya terapin kayak positive reinforcement sama punishment. Intinya saya kasih hadiah dan hukuman buat perilaku anak. Kagak perlu yang berat-berat pak, cukup hadiah kecil dan hukuman ringan kayak ngurangin jatah maen sehari aja. Pokoknya ini buku lengkap bener, ada teori, contoh kasus, sama tips-tipsnya juga. Buku ini ibarat steakhouse pak, daging semua.

Happy Little Soul

Bu Retno Hening yang udah terkenal di Instagram berbagi pengalaman parentingnya di buku ini. Beliau juga sharing tentang cara beliau ngedidik anak dengan penuh cinta. Misalnya, sering ngasih afirmasi ke anak dengan meluk terus bilang "i love you" sampe ngajarin self-love sejak kecil. Hasil didikan beliau udah sering kita liat di anak-anaknya Bu Retno, Kirana sama Rumaysha. Ngeliat kelakuan anak-anaknya bikin ati adem kayak abis disirem es kelapa ijo.

Kimbab Family (Bukan) Kisah Drama Korea

Vlog Kimbab Family emang udah populer banget di YouTube. Nah, di buku ini Appa Jay sama Mama Gina berbagi kisah-kisah inspiratif dalam membesarkan anak-anak. Dari buku ini saya belajar kalo ngelibatin anak-anak untuk diskusi dan ngambil keputusan itu ternyata penting banget. Saya juga belajar gimana caranya bersikap tegas tapi gak pake emosi. Buat bapak-bapak yang kalo liat anak bandel bawaannya pengen ngejewer, baca ini dah pak biar bapak gak jadi buronannya Kak Seto.

Calmer, Easier, Happier Parenting

Buku ini ngajarin bapak dan istri tentang cara ngasuh anak dengan hepi dan tenang. Banyak strategi-strategi jitu yang bisa diterapin supaya ngasuh anak gak kerasa kayak cobaan. Misalnya bapak harus bikin mood anak bagus dengan bikin dia dapet tidur yang cukup. Kalo tidurnya cukup, nanti pas bangun moodnya bagus. Kalo moodnya bagus, dia jadi lebih tenang seharian. Jadi dia bakal lebih dengerin bapak dan bisa diajak kerja sama.

Parenting Santuy (Mengurus Anak Tanpa Ribet)

Dari buku ini saya belajar kalo ternyata konsep minimalisme juga bisa diterapin ke parenting. Buku ini ngejelasin kalo parenting yang simpel itu justru yang paling berhasil. Misalnya kayak anak gak butuh banyak mainaan. Mainan yang dikit tapi dia seneng sekali maininnya apalagi kalo sama orang tuanya, itu bisa jauh lebih bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Pokoknya kualitas bukan kuantitas, pak. Baca dah, pasti bapak manggut-manggut terkesima.

Jadi bukan cuma anak aja yang harus banyak belajar, tapi orang tua juga tiap hari harus mau belajar dalam segala hal apalagi yang menyangkut sama anak.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
2113

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait