Rekomendasi Channel YouTube yang Bisa Bikin Bapak Jadi Tambah Pinter

Bacaan 2 menit

Pak, biar bapak tontonannya kaga cuman orang bersihin kuku kuda, nih saya ada rekomendasi channel YouTube yang mengedukasi dan bisa menambah ilmu bapak.

Chris Fix

Channel ini Cocok banget buat bapak yang hobinya ngoprek mobil. Atau kalau kaga hobi, minimal buat pengetahuan biar kaga kena akal-akalan montir. Mas Chris ini banyak ngasih tutorial cara diagnosa dan ngebenerin mobil. Misalnya benerin dinamo starter, ganti kampas kopling, kuras radiator, ampe ganti baterai mobil hybrid juga ada. Semuanya selalu dilakuin pake hand tools sederhana biar bapak bisa praktekin di rumah.

 

Penyuluh Pertanian Lapangan

Kreatornya ASN penyuluh pertanian asli yang kalau ngasih ilmu dalem sekali. Bisa diterapin dari yang skalanya beredar dari sekedar hobi ampe yang beneran pengen buka lahan serius buat bertani. Channel ini banyak nawarin solusi, mulai dari penanganan hama, pengolahan tanah, pemupukan ampe pertanian organik, semuanya ada. Dikemas sederhana tapi didasari ama keilmuan yang mumpuni. 

 

Big Think

Sesuai dengan slogan channelnya, "smarter faster" channel ini emang berusaha ngebuat bapak pinter secara singkat dan tepat. Menggandeng ahli-ahli yang emang kompeten banget-bangetan di bidangnya yang kaga jarang orang-orang besar di dunia. Isinya variatif, mewakili banyak bat disiplin keilmuan. Misalnya kaya cara biar pikiran bapak teguh kaga cepet nyerah macem tentara, ampe ngejelasin bapak soal cara kerja emosi.

 

Anak Agung Duwi Arsana

Biar bapak nggak cuma bisa bongkar tapi kaga bisa pasang perabot-perabot elektronik di rumah. Bapak bisa belajar banyak banget lewat channel ini. Bli yang satu ini orangnya kreatif banget-bangetan, banyak bener ilmu yang bisa bapak ambil. Mulai dari service barang-barang elektronik, ngejelasin cara pake 3D printer, bikin alat-alat unik pake Arduino, ampe cara pasang solar panel juga ada, mantab sekali.

 

Smarter Everyday

Biar bapak kagak cuma bisa haheho doang waktu ditanya si dede kenapa burung bisa terbang atau kaya gimana isi kantong kangguru, bapak perlu lihat channel ini. Isinya ngejelasin fenomena-fenomena science yang terjadi di sekitar kehidupan bapak, dikemas dalam visual yang menarik dan penjelasan yang mudah dimengerti. Ditambah lagi, eksperimennya seru-seru sekali.

Menarik-menarik banget kan pak? Semoga rekomendasi channel YouTube yang mengedukasi dan bisa menambah ilmu ini bermanfaat buat bapak ya!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
98

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait