Rekomendasi Kota-Kota Underrated buat Adik yang Lagi Nyari Kerja

Bacaan 2 menit

Katanya Gen Z sekarang males-malesan nyari kerja, bikin pengangguran di Indonesia jadi meningkat, padahal bisa aja emang belum ada posisi yang pas atau dibutuhin. Buat adik yang ngerasa gak dipanggil-panggil juga buat interview di kota sendiri atau Ibu Kota beberapa kota ini bisa dijadiin pilihan adik buat mengadu nasib di sana.

Karawang, Jawa Barat

alun-alun-kawarang-jawa-barat

(Foto: Alun Alun Karawang)

Masih lumayan underrated tapi mahsyur soal UMK-nya yang masuk jajaran tertinggi se-indonesia yaitu Rp5,3 juta. Gak jauh-jauh amat juga dari jakarta jadi kalau keluarga adik tinggal di sana masih enak pulang dan berkunjungnya. Biaya hidup juga masih lebih manusiawi. Kota ini emang punya segudang kawasan industri, makanya emang banyak pekerja yang diperluin di sini.

Sidoarjo, Jawa Timur

alun-alun-sidoarjo

(Foto: Alun Alun Sidoarjo)

Kepleset dikit udah nyampe Surabaya, jadi gak perlu khawatir kalau mau malem mingguan, dik. UMK-nya juga termasuk terbaik di Jawa Timur yaitu Rp4,6 juta dengan biaya hidup yang masih sangat masuk akal sekali. Hangout bawa 100 ribu masih bisa ada kembalian. Kebutuhan tenaga kerja juga banyak, soalnya kotaya banyak industri. Cuman kalo cuacanya lagi panas, gerah bat.

Mojokerto, Jawa Timur

alun-alun-kota-mojokerto

(Foto: Alun Alun Kota Mojokerto)

Geser dikit dari Sidoarjo, jarak ke Surabaya dari kota ini juga cuma sekitar 40 km aja. Kotanya padet banget industri, dik. Industri besarnya aja ada 163 biji belum termasuk yang menengah atau kecilnya. Bidang usahanya sangat beragam sekali, udah gitu UMK-nya Rp4,6 juta, gak jauh beda sama Surabaya. Beda-beda tipis.

Pasuruan, Jawa Timur

alun-alun-pasuruan

(Foto: Alun Alun Pasuruan)

Kotanya gak jauh dari Gunung Arjuno, dik. Kalo adik penat kerja, vakansinya mulai dari pantai sampai ke daerah yang adem-adem. Mau menyambangi kawan-kawan di taman safari juga bisa. Secara UMK, termasuk tinggi juga nih di Jawa Timur Rp4,6 juta. Ngga nyampe selisih sejokut dari Cikarang. Dengan biaya hidup yang jelas lebih affordable dibanding tinggal di Ibu Kota.

Bontang, Kalimat Timur

bontang

Kota berkembang yang dirancang jadi kota industri. Pendapatan penduduknya kemarenan jadi salah satu yang tertinggi, dik. Batu bara, gas alam, sama pupuknya emang paling moncer. Bisa dilirik sama adik yang pengen berjuang meningkatkan derajat keluarga di mari. Tapi kudu pinter-pinter atur duit emang kalau di sini, dik. Plus jangan kaget sama ongkirnya kalau belanja onlen, hehe. UMK Bontang ada di Rp3,5 juta.

Gimana dik? Tertarik ngerantau ke kota mana? Tapi jangan lupa buat perhitungin segala aspeknya ya biar adik kerjanya lancar-lancar di sana.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
63

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait