Rekomendasi Les buat Anak yang Hobi Nge Game

28 Oct 2022

Generasi bapak-bapak yang mulai memasuki masa sumpek anaknya nge game mulu coba sini ngumpul! Sebenernya ngegame itu gak sepenuhnya buruk sih pak. Selama anaknya masih aktif sosialisasi dan gak sampe kecanduan loh ya. Pernah kan tuh ada anak beli item di game sampe puluhan juta pake CC bapaknya. Syok terusan bapaknya dibikin megap megap begitu.


Jadi kalo anak bapak udah mulai seneng main game, bapak juga kudu sat set sat set nih mengarahkan biar hobinya anak gak melenceng. Nah bapak bisa ikutin anak les kayak ini nih biar hobi anak tersalurkan:

  1. Programming for Kids
    Ini udah banyak lembaga yang bikin les programming buat anak. Misalnya di BrightChamp itu pak. Kenapa kok les programming? Ini buat ngedorong kreatifitas anak sehingga dia jadi pengen bikin game sendiri. Terus programming itu kan juga perlu kemampuan otak yang runtut, hampir mirip kayak main game juga. Jadi selain anak belajar tentang game, anak juga bisa belajar membuat game.

  2. Sekolah Robot Indonesia
    Ini juga bisa buat pembelajaran seru. Sebenernya isinya hampir mirip kayak programming ya. Bedanya kalo di Sekolah Robot Indonesia tuh programming-nya langsung disambung ke robotika. Jadi anak bisa belajar what - if secara langsung dalam aplikasi programming dan robotika. Terus ini juga bakalan ngebantu anak-anak yang hobi bikin kreasi unik dalam bentuk fisik. Misalnya bikin robot kapal, robot buat nge-list pekerjaan rumah dan sebagainya.

  3. Les Bikin Game Online
    Kalo yang satu ini, bapak bisa ikutin anak les di platform edukasi yang tersedia. Kali aja nih bapak rumahnya jauh dari tempat-tempat les yang kayak 2 poin di atas atau bapak belum ada dana buat daftarin les secara langsung. Nah bapak bisa ikutin anak ke platform kayak Udemy pak. Cuma kalo lesnya online gini, bapak sama anak juga kudu disiplin ngikutin dan nyari tahu ilmunya. Terus tetep diasah dan ditingkatkan skillnya. 

  4. Les Gambar 3D
    Selain les buat programming, bapak bisa juga ikutin anak les gambar 3D. Ini juga salah satu elemen yang diperlukan dalam game soalnya. Karakter lucu dan imut-imut di game gitu bisa dibikin kalo anak punya skill gambar 3D. Jadi bapak bisa ikutin anak les gambar 3D biar menjadi salah satu penunjang. Kalopun pada akhirnya anak bapak ga tertarik jadi programmer game, paling enggak dia ada skill gambar 3D yang tetep bisa kepake.

  5. Les Gambar Karakter
    Nah kalo ini agak mirip sama poin sebelumnya. Cuma bedanya les gambar karakter ini gak untuk gambar 3D. Di sini cuma diajarin gimana cara desain karakter yang sesuai dan apa aja yang diperluin. Kalo yang satu ini buat anak yang hobi gambar juga bisa pak. Biar mereka lebih keasah skill nya dan punya sarana menyalurkan hobi yang tepat.

  6. Les Menulis dan Membaca
    Ini bukan les nulis dan baca buat anak PAUD gitu ya pak. Tapi lebih ke arah sastra dan literatur. Soalnya, suka ga suka bikin game itu juga perlu proses bikin alur cerita yang menarik. Game yang punya alur cerita menarik tuh jauh lebih seru buat dimainin. Misalnya kayak Harvest Moon gitu kan asik banget ya pak. Jadi emang skill ini kudu dikembangin kalo anak beneran pengen bisa bikin game. Kayak misalnya bikin scriptwriting nya, storyline nya, character backstory nya. Jadi minimal kudu punya level literasi yang cukup bagus.

 

Namanya orang tua, yang bisa dilakuin buat anak tuh cuma berusaha sebaik mungkin dan berdoa sebanyak mungkin pak. Setelah anak diikutin daftar les tadi, kalau dia bisa jadi creator game beneran ya bersyukur deh pak. Tapi kalo misalnya di tengah jalan anak ga mau jadi creator game lagi, paling enggak ada skill yang tetep bisa diambil buat anak. Skill itu nantinya pasti bermanfaat buat anak kok, pak. Yang penting bapak senantiasa turut serta mendukung hobi gaming anak bapak.

 

Ditulis oleh:
Girly
28 Oct 2022
Dilihat :
45

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait