Resep Menu Sahur yang Simple buat Adik yang Baru Mulai Hidup Baru sama Pasangan

Bacaan 2 menit

Bulan puasa tahun ini bisa jadi bulan puasa yang paling beda buat adik yang baru aja jadi pengantin baru, apalagi kalo adik dan pasangan udah mutusin buat mandiri. Kalo sebelumnya biasa disiapin sama orang tua buat buka puasa dan sahur, sekarang harus nyiapin sendiri sama pasangan. Tapi tenang aja, banyak menu-menu sederhana yang bisa adik dan pasangan coba buat sahur nanti.

Telur Sosis Saus Mentega

Menu satu ini gampang bener bikinnya. Tinggal siapin sosis kesukaan adik, lalu iris-iris badan sosisnya biar bisa mateng sempurna abis itu goreng deh sampai mekar. Kalo sosis udah di goreng, waktunya buat bikin orek telor. Terserah adik mau pake telor apa dan berapa yang penting pastiin telor yang dimasak bisa dimakan ya. Lanjut buat tumis bumbunya, siapin 1 sdm mentega, 1 siung bawang putih, ½ bawang Bombay, sedikit air, 1 sdm saus sambal, 1 sdm saus tomat, 1 sdm kecap manis, 1 sdm saus tiram, 1 sdm kecap inggris, ¼ sendok teh garam dan lada, ½ sendok teh kaldu ayam. Kalo udah siap semua tinggal tumis semua bahan tadi terus masukkin sosis dan orek telor yang tadi udah dibikin.

Tofu Saus Tiram

Menu kedua gak kalah gampang buat dibuat. Adik tinggal siapin tofu lalu potong kecil-kecil. Potong kecil juga bawang putih, cabe merah, dan daun bawang, untuk berapa banyaknya sesuain aja sama selera adik ya. Abis itu goreng lebih dulu tofu di penggorengan panas, setelah itu baru masukkan bawang dan cabe merah yang tadi sudah di potong kecil. Buat sausnya, masukkan saus tiram, gula, minyak wijen, dan air secukupnya, kalo gak cukup tambah lagi aja dik sesuai yang adik mau. Abis itu ikut masukkin ke penggorengan biar dimasak bareng tofu dan bahan-bahan yang lain. Tunggu sampe airnya surut, abis itu siap dihidangkan deh. Kalo adik gak suka tofu bisa juga diganti telor ceplok.

Sop Tahu ala Hokben

Kalo adik dan pasangan tipikal orang yang sahur harus ada yang seger-seger berkuah, menu ini bisa jadi andalan. Buat bumbunya adik bisa siapin 3 siung bawang putih yang dicincang, 3 batang daun bawang yang diiris kecil, 6 blok tahu putih yang dipotong kecil kotak, 1 sdm minyak wijen, 1.300 ml air, 1 sdm kecap asin, dan 2 sdt kaldu bubuk. Kalo udah siap semua, tinggal tumis bawangnya pake minyak wijen, untuk daun bawang dipisah antara batang putih sama bagian hijaunya ya, yang bagian putih buat ditumis, bagian daun hijaunya dimasukkan nanti terakhir. Kalo udah harum dan layu bawangnya, bisa masukkan air dan tunggu sampai mendidih, setelah mendidih masukkan tahu yang tadi udah dipotong kotak kecil. Biar tambah enak adik bisa tambahin Iriko Dashi lalu masukkan kecap asin dan kaldu bubuk, kemudian masukkan daun bawang setelah itu siap buat disajikan saat sahur deh.

Menu-menu tadi udah dipilihin yang paling gampang buat dibikin. Walopun keliatan sederhana tapi rasanya bintang lima. Selamat mencoba!

 

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
124

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait