Sebab-sebab Kenapa Rambut Bapak Sepi Alias Rontok

Bacaan 2 menit

Seiring berjalannya waktu beberapa dari bapak pasti ada yang rambutnya makin sepi. Bisa jadi rambut bapak rontok dan mengalami kebotakan. Tapi bapak tau gak sih apa aja yang bikin rambut bapak rontok? Ini biar saya kasih tau pak,

Stress

Banyak orang mengalami penipisan rambut secara umum beberapa bulan setelah mengalami stres fisik atau emosional. Kerontokan rambut jenis ini sebenernya bersifat sementara. Kondisi yang disebut telogen effluvium ini menyebabkan folikel rambut, tempat dimana si rambut tumbuh, memasuki fase istirahat sebelum waktunya sehingga mengakibatkan kerontokan. Jadi rambut itu ada 3 fase pertumbuhan pak, fase pertama itu akar rambut tumbuh di folikel, abis itu perumbuhan rambutnya melambat terus dan folikel rambutnya mengalami penyusutan, fase terakhir rambut mulai rontok dan digantikan oleh rambut yang baru yang tumbuh di folikel yang sama. Kalo bapak stress, langsung ke fase terakhir pertumbuhan rambut pak. Makanya rambut bapak sepi.

Kondisi Kesehatan

Kondisi medis termasuk alopecia areata yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh (merupakan penyakit auto-imun) dan menyebabkan rambut rontok tidak merata. Jadi sistem kekebalan tubuh salah menyerang salah satu bagian tubuh lain, yang dimana di kasus ini yang diserang adalah folikel. Infeksi kulit kepala seperti kurap, dan kebiasaan nyabutin rambut yang disebut trikotilomania, dan penyakit seperti lupus atau diabetes juga bisa menyebabkan rambut rontok.

Penggunaan Obat-obatan

Ternyata beberapa obat juga ada yang bisa menyebabkan kerontokan rambut pak, beberapa diantaranya adalah seperti obat jerawat yang mengandung vitamin A (retinol), anti-depressan (obat untuk menangani depresi), obat penurun kolesterol dan obat penurun darah tinggi, serta obat penurun berat badan. Kalo bapak menggunakan obat-obat yang disebutkan di atas ,bisa dikonsultasikan dulu ke dokter. 

Pola Makan

Asupan nutrisi tertentu seperti zat besi, protein, atau vitamin D kalo bapak kurang mencukupi juga bisa menyebabkan rambut rontok. Gangguan makan ( eating disorders ) atau diet ekstrim juga bisa menyebabkan rambut rontok karena bapak jadi kekurangan nutrisi.

Keseringan Make Topi

Kalo bapak sering banget pake topi, nanti area kepala bapak bisa kegesek-gesek, jadinya ngerusak folikel karena folikelnya mengalami peradangan. Peradangan ini dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan folikel rambut permanen, jadinya rambut bapak rontok dan gabisa numbuh lagi.

Pengaruh Keturunan

Penyebab paling umum dari kerontokan rambut adalah kecenderungan genetik, yang sering disebut sebagai male-pattern baldness. Jenis rambut rontok ini namanya androgenetic alopecia dan cenderung diturunkan dalam keluarga. Kalo udah gini mah ya Ikhlasin aja, pak.

Faktor Umur

Semakin bertambahnya umur, selain sakit pinggang yang sering banget bapak alami, siklus pertumbuhan rambut bapak jadi melambat dan folikel rambut menjadi kurang aktif, jadinya terjadi penipisan rambut dan kebotakan. 

Jadi itu pak kenapa rambut bapak rontok dan sepi, setelah tau apa yang bikin rambut bapak rontok, semoga bapak bisa mempertimbangkan penyebab-penyebabnya. Kalo bapak pengen rambut bapak rame lagi, bisa hubungi profesional ya, pak. Tapi balik lagi pak, mau sesepi apapun rambut bapak, percaya diri adalah atribut yang paling mantap yang bisa bapak pakai dimana saja dalam keadaan apapun.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
885

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait