Sebenernya Bapak Harus Ngeliat Kemana Sih Pas Lagi Nyetir Mobil?

Bacaan 2 menit

Selain untuk menghemat waktu, berkendara menggunakan kendaraan pribadi merupakan pilihan banyak orang untuk berbagai keperluan. Apalagi seiring bertambahnya anggota keluarga, bapak pasti mempertimbangkan untuk memakai mobil atau bahkan bapak sudah mengendarai mobil disaat membaca artikel ini. Walaupun bapak udah sering banget nyetir mobil, sebenernya bapak tau gak sih? Pandangan saat mengendarai mobil yang baik dan benar? Kalo belom tau, nih biar saya kasih tau tipsnya, pak.

Kalo Bapak ketemu tikungan, fokus ke bagian dimana tikungan mengarah

Biasanya kalo lagi belok, bapak suka keder mau liat kemana. Ternyata yang bener adalah jangan ngeliat ke depan, pak. Melainkan liat bagian tikungan yang berkelok arahnya kemana. Misalkan bapak melewati jalan yang menikung ke kanan, jadinya pandangan bapak harus fokus di sisi kanan. 

Kalo lagi di jalanan yang luas, jangan terlalu fokus sama marka jalan

Pandangan saat mengendarai mobil yang benar di jalan luas adalah bapak harus melihat jauh ke depan dan selebar mungkin. Kalo bisa alihkan pandangan dari marka jalan.

Jangan terlalu fokus sama aspal jalanan

Biasanya kalo mengendarai mobil fokus bapak adalah di aspal yang jaraknya kurang lebih 90-100cm dari mobil bapak. Pandangan yang baik dan benar adalah ke depan dan memerhatikan apa aja objek yang ada di depan bapak. 

Memindahkan fokus pandangan sesuai dengan keadaan di jalan

Fokus pandangan kita sebenernya sangat terbatas, pak. Jadinya harus bisa shifting focus sesuai dengan keadaan yang terjadi di jalan. Selain fokus ke arah yang mau bapak tuju, bapak bisa mengalihkan fokus ketika ada orang yang mau menyeberangi jalan di depan bapak atau kalo bapak ketemu lampu ijo yang tiba-tiba berubah jadi lampu kuning.

Ketika melihat objek yang berada di luar pandangan bapak, nengok aja pak

Biasanya kalo orang baru belajar nyetir, karena mereka terlalu fokus dengan apa yang ada di depan mereka, ketika ada objek lain di luar pandangan mereka, yang mereka lakukan adalah melakukan eye roll. Baiknya nengok aja, pak. Jangan matanya aja yang eye roll. Ibaratnya kek bapak disapa temen bapak aja, kan bapak pasti nengok ke temen bapak.

Biar lebih kebayang bagaimana pandangan saat mengendarai mobil yang baik dan benar, ini ada videonya pak,

Jadi begitulah pak, pandangan saat mengendarai mobil yang baik dan benar. Kalo bapak punya tips lain, bisa di share ya pak.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
187

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait