Seberapa Penting Rem ABS di Motor Harian

Bacaan 2 menit

Suka ada pertanyaan yg muncul saat membeli motor, pilih yg ada fitur ABS atau yg non ABS? Sales agent biasanya mengarahkan ke tipe ABS, karena jelas fitur lebih lengkap & lebih premium, tapi emang penting banget ya pake ABS?

ABS (Antilock Brake System) diciptakan buat meningkatkan keselamatan pas berkendara khususnya di roda 2. Cara kerjanya disaat sistem ABS membaca ada tekanan rem yg tiba2, maka modul ABS akan mengatur tekanan minyak rem yg menuju roda untuk mencegah roda terkunci saat ada hard braking alias ngerem mendadak. Karena resikonya adalah motor bisa kepleset atau bahasa hariannya ngepot, yg berujung jatuh. Ciri2 motor ada ABS nya adalah akan terasa tuas rem berkedut/bergetar saat ditekan mendadak. Hal ini merupakan respon balik dari sistem ABS yg menandakan modulnya sedang bekerja.

Dengan adanya fitur ABS di sepeda motor, diharapkan pengendara bisa lebih gampang mengendalikan motornya ketika pengereman mendadak, sehingga resiko jatuhnya bisa di minimalisir. Perlu diperhatikan juga bahwa fitur ini hanya akan aktif jika kecepatan motor diatas 50 km/jam - angka ini bisa berbeda-beda tergantung settingan masing2 pabrikan. Jadi walaupun ada fitur ABS terpasang di motor, sekiranya hanya dipakai di kecepatan rendah atau stop n go di keramaian ibukota, keberadaan fitur ini seringkali menjadi tidak terasa. Yg perlu juga diperhatikan adalah fitur ini tidak free maintenance, jadi tetap diperlukan perawatan berkala dengan mengganti minyak rem untuk menjaga kebersihan & kemampuan rem bekerja dengan optimal.

Jadi penting kah rem ABS terpasang dimotor harian, apalagi jika dihubungkan dengan harga beli yg lebih mahal & resiko kerusakan sistem ABS yg bakalan nguras dompet cukup dalem?

Dikembalikan kepada kebutuhan, kebiasaan & skill masing2 pengendara, secara efisiensi tentunya keberadaan sistem ABS di motor harian menjadi berlebihan karena cenderung sering tidak aktif. Namun jikalau penggunaan motor harian ini lebih sering berjalan diatas kecepatan rata2, tidak ada salahnya memilih motor yg memiliki sistem ABS, demi keselamatan bersama.

Berkendaralah dengan aman & selalu taati aturan lalu lintas.

Ditulis oleh:
Cecep Piston
Bacaan 2 menit
Dilihat :
252

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait