Serba Serbi Cairan Anti Bocor Ban Tubeless

Bacaan 2 menit

Untuk bapak-bapak pengendara motor atau mobil, pastinya selama memakai kendaraan tersebut pernah mengalami kebocoran ban. Selain bisa ditambal atau ganti ban baru, kadang orang bengkelnya nawarin buat make cairan anti bocor ban (kalo ban bapak tubeless). Tapi bapak tau gak sih, apakah cairan anti bocor ban tubeless ini bener-bener efektif? Apa sih kelebihan dan kekurangannya? Ini biar saya kasih tau serba serbi cairan anti bocor ban tubeless

Kelebihan

  • Penambalan InstantCara kerja dari cairan anti bocor ban tubeless ini adalah ketika ada kebocoran, cairannya akan mengalir ke bagian yang bocor tadi dan menambal bagian tersebut dengan sendirinya. Cairan ini akan berusaha meredam bagian yang bocor sehingga tekanan ban tidak berkurang secara drastis.

  • Penyelamat di saat genting
    Kadang kita tidak tahu kapan dan dimana ban kita akan mengalami kebocoran. Bapak bisa jadi mengalami kebocoran di jalan tol, di jalanan perumahan, atau di tempat lainnya. Semisal ban bapak bocor di daerah yang agak terisolasi atau jauh dari lokasi bengkel tambal ban, cairan anti bocor ini bisa jadi penyelamat bapak.

Kekurangan

  • Tidak efektif untuk kebocoran besar
    Cairan anti bocor ini tidak efektif untuk kebocoran seperti robeknya ban karena terkena benda tajam atau karena ban bapak udah botak. Kalo udah begini, satu-satunya solusi adalah mengganti ban bapak yang bocor dengan ban baru.
  • Perlu maintenance secara berkala
    Cairan anti bocor ban ini umurnya juga ga panjang, karena dia bisa menggumpal dan mengering seiring berjalannya waktu. Jadinya bapak perlu ngecek dan mengganti cairan ini secara berkala. 
  • Bikin ban bapak kagak seimbang
    Jika terlalu banyak cairan anti bocor yang digunakan, ini dapat membuat ban menjadi berat dan tidak seimbang, yang bisa mempengaruhi kinerja kendaraan dan keamanan berkendara. Penggunaan cairan anti bocor ini juga perlu takaran yang sesuai dengan ukuran ban yang bapak gunakan, jadi bapak gak boleh asal make cairan anti bocor ini. Selain itu, cairan ini akan mengikuti perputaran dan bentuk ban bapak. Sehingga mengganggu keseimbangan ban yang bapak gunakan.
  • Memperpendek umur pelek dan ban
    Karena bentuknya cairan dan bisa mendeteksi kebocoran secara otomatis, ga menutup kemungkinan cairan ini lari ke bagian pentil ban bapak. Jadinya malah menyumbat bagian pentil dan bapak akan mengalami kendala ketika mengisi angin ban. Selain itu, karena cairan ini bersentuhan langsung dengan pelek kendaraan bapak, jadinya berpotensi merusak pelek. Karena beberapa cairan anti bocor menggunakan bahan kimia yang tingkat keasaman atau pH-nya tinggi.

Walaupun cairan anti bocor ban tubeless ini bisa jadi solusi yang efektif buat kebocoran kecil, tapi untuk jangka panjangnya lebih banyak kurangnya, pak. Semoga serba serbi cairan anti bocor ban tubeless ini bisa jadi pertimbangan bapak buat meminimalkan resiko kebocoran atau kerusakan ban lainnya. Kalo ada yang kurang boleh banget ditambahin ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
119

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait