Sifat Pengecut (Sebuah Pengalaman James Jan Markus)

Bacaan 2 menit

Jadi gini warga, saya kan lagi mau bikin sesuatu yah. Sebuah life project yang saya excited sekali untuk memulainya. Ini udah jalan 3 bulanan, tapi projectnya ga jalan2, padahal blueprint-nya udah dibikin.

Setelah saya pikirin, ini kenapa saya kagak mau mulai2 yah?
Males? Kagak.
Terlalu besar? Mungkin.
Kagak punya pengalamannya? Kagak juga. 
Setelah mikir lama, ternyata jawabannya adalah, saya takut. Takut gagal lebih tepatnya.

Kagak berasa waktu cepet banget berlalu, ini udah masuk bulan ke 3 tahun 2023, dan project saya mangkrak udah 6 bulanan lebih. Long story short, beberapa waktu lalu sobi saya, Ian Farhan, ngajak ketemuan pagi2 di Citos (Cilandak Town Square). Pembahasannya seru banget, dan ada irisannya sama life project saya yang mangkrak. Saya ketemu sama talent2 yang ahli di bidangnya, talent2 yang anehnya sesuai dengan visi saya. Sebelum pulang kita sepakat untuk cari2 insight lebih dalam tentang project ini, waktunya seminggu yang kami sepakati. Terus setelah itu saya berniat cari buku dulu sebelum pulang ke rumah. Perhatian saya tertuju ke satu buku ini.

 

Saya baca belakangnya, terus gumam "asik keknya nih, mungkin cocok buat dibaca sekarang". Bukunya mah buku lama, tahun 2016, tapi keknya masih relevan buat dikonsumsi. Saya beli satu buku lagi, The Entrepreneur's Handbook, dari Harvard Business Review. Di jalan pulang saya mampir dulu ke cuci steam motor, sembari nunggu motor saya dicuci, saya baca buku Shoe Dog tadi. BAAAAAMMMMM! di halaman2 awal, saya berasa kek ditonjok kena lak2annya. Kena banget sama satu kalimat.

Saya tertohok bener2 itu. Apa iya saya pengecut? Saya gak terima kalau saya termasuk golongan itu. Tapi ternyata saya emang pengecut selama ini. Bukannya saya tutup. Saya jalan pulang sambil mikir. "Saya bukan pengecut, saya harus mulai project ini. Gagal itu biasa, dan merupakan guru terbaik, dan sekarang saya punya keinginan untuk belajar".

Doain saya istiqamah ya, warga. Doain saya biar dijauhin dari sifat pengecut.

Ditulis oleh:
bapak2ID
Bacaan 2 menit
Dilihat :
349

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait