Skill-skill Yang Harus Dikuasain Kalo Mau Jadi Perantau

Bacaan 2 menit

Seiring dengan banyaknya jenis pekerjaan, kita kadang dituntut untuk bisa kerja atau dipekerjakan di daerah yang mungkin asing bagi kita. Kalau bapak pertama kali merantau, pasti bingung sama daerah baru dan mungkin ada sedikit ketakutan. Nah, biar bapak kagak bingung, takut dan bisa survive, ini saya kasih tau skill-skill yang harus dikuasain kalo mau jadi perantau.

Komunikasi

Ini merupakan salah satu skill basic yang harus bapak punya, karena ini bener-bener bisa jadi penolong di semua kondisi, bisa buat sekedar nanya atau minta tolong, apalagi kalo bapak bisa bahasa daerah tempat bapak merantau. Abis itu dikombinasikan dengan komunikasi non-verbal. Mantap.

Adaptasi

Kenapa ini penting? Karena kalo bapak kagak bisa berbaur sama orang-orang, budaya, makanan dan kebiasaan di lingkungan tempat rantau, bapak pasti jadi gak hepi dan nyaman ngerantaunya. Tar bapak malah nangis gegerungan di pojokan tiap malem, sembari nyanyi "lonely.... i'm so lonelyyy~"

Administrasi

Intinya bisa ngurus segala administrasi sekalian sebagai bentuk laporan. Maksudnya adalah biar warga sekitar tau keberadaan bapak. Macem contoh administrasinya adalah surat domisili, urus pindah KTP, ngerti cara biar BPJS aktif di perantauan.

Manajemen Waktu dan Uang

Selain bapak harus terbiasa dengan waktu yang mungkin rasanya berbeda dengan daerah bapak berasal, mungkin bapak pindah dari Waktu Indonesia Barat ke Waktu Indonesia Timur. Bapak juga harus bisa mengelola keuangan, karena beda daerah beda harga juga, pak. Jangan sampe bapak keseksa karena pertengahan bulan duit bapak udah abis.

Skill Pertukangan Dasar

Ini juga bapak harus bisa, macem masang bohlam, masang gas, benerin keran patah, benerin kipas angin. Bayangin kalo dikit-dikit manggil tukang atau jasa buat ngerjain perintilan tersebut. BIsa-bisa bapak boncos.

Bela diri dasar

Skill ini kudu banget bisa biar bapak bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi kalo bapak merantau ke daerah yang masih asing dan sepi, udah gitu bapak harus pulang malem. Dengan skill ini, seenggaknya bapak bisa jaga diri sendiri.

Berdasarkan pengalaman saya yang pernah ngerantau, hampir semua skill ini yang bikin saya bisa survive di daerah orang. Kalo masih ada skill-skill yang harus dikuasai kalo mau jadi perantau yang keliwat, boleh ditambahin ya pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
35

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait