Skill yang Wajib Bapak Kuasai Saat Sudah Berkeluarga

13 Sep 2022

Ketika udah berkeluarga, rasanya bapak kudu nambah skill baru. Skill yang kudu ditambahin tuh kagak perlu yang muluk-muluk juga. Malahan skill receh dan kayaknya remeh malah bisa bikin rumah tangga tetep adem ayem. Saya dulu juga kagak ngerti beginian sebenernya, pak. Tapi setelah menikah jadi ngalir aja secara natural. Maka dari itu saya mau sharing, apa aja skill remeh yang kudu bapak kuasai pas udah menikah. 

  1. Skill Inget Tanggal Spesial
    Istri tuh peduli banget ama beginian. Tanggal jadian, tanggal pertama kali ketemuan, tanggal lamaran, tanggal ngulek sambel barengan. Padahal bapak kemaren makan apa aja kagak inget. Makanya kudu nambahin skill inget tanggal spesial gini. Gampang kok pak caranya. Masukin aja di Google Calendar biar ntar dapet notif. Jadi bapak kagak kelupaan. Oh iya, skill inget tanggal ini juga penting buat inget tanggal cicilan, pajak, iuran, perpanjang STNK, dll. Sangat membantu banget di sayah.

  2. Skill Akting
    Ini yang menurut bapak "bakal ape sih ini?" padahal aslinya kepake banget. Terutama kalo bapak udah punya anak dan anak lagi seneng-senengnya main. Skill akting yang dimaksud tuh skill pura-pura kaget kalo dikagetin anak, pura-pura pingsan pas main dokter-dokteran sama anak, pura-pura jadi monster pas main superhero sama anak, dan seterusnya. Yang kayak gini emang receh pak, tapi memorinya melekat di hati anak sampe dia gede ntar.

  3. Skill Masak Bahan Seadanya di Kulkas
    Emergency kan gak ada yang tau kapan ya pak. Jadi penting banget buat bapak ngerti skill ini. Kalo di kulkas cuma ada telur, ya bapak kudu belajar gimana itu telur bisa jadi makanan yang enak. Sekarang banyak channel-channel YouTube yang isinya cara memasak sederhana, pak. Skill kayak gini bakal sangat ngebantu kalo di akhir bulan. Pas keuangan lagi seret, bapak bisa manfaatin tuh yang ada di kulkas. Selain itu, bahan makanan juga kagak kebuang mubazir, pak. Bapak juga secara tidak sadar mengurangi food waste yang dihasilkan rumah bapak.

  4. Skill Menghadapi Sambatan Istri
    Kalo ini skill top tier pak. Biasanya kalo istri sambat terus saya ngerespon tuh malah saya diomelin. Kagak direspon katanya saya kagak peduli. Rasanya bingung saya menjalani hidup ini. Bapak kudu ngerti nih, kalo istri sambat tuh sebagian besar mereka kagak butuh direspon. Mereka cuma butuh didengerin aja. Jadi kalo istri sambat tapi bapak malah ngasih saran panjang lebar, ya siap-siap aja bapak didiemin 2 hari. Wajar sih pak, kan otak bapak didesain buat problem solving soalnya.

    Tapi balik lagi, kagak semua sambatan istri kudu direspon sama nasihat dan saran. Tipsnya buat bapak, dengerin aja kalimat terakhir yang diomongin istri. Misalnya istri bilang “Masa hari ini tadi aku belanja terus blablablabla… kan kesel aku jadinya”. Perhatiin aja bagian dia kesel. Terus bilang deh, “Iya yang sabar ya.” Atau kalo mau lebih mantep lagi, bapak diem-diem pesenin istri makanan favoritnya aja. Dijamin aman, pak.


Skill-skill tadi musti diasah ya, pak. Jadi kagak bisa simsalabim bapak mahir skill di atas. Saya juga ngerti skill di atas setelah beberapa tahun nikah. Namanya rumah tangga tuh terus belajar sama-sama, pak. Biar rumah tangga semakin harmonis.

 

Ditulis oleh:
Girly
13 Sep 2022
Dilihat :
37

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait